'Panic Buying' Marak Akibat Corona, Polda Jatim Sidak Pasar
AFP/Justin Tallis
Nasional

Masuknya wabah virus corona (covid-19) ke Indonesia telah membuat masyarakat khawatir hingga melakukan 'panic buying'. Hal itu membuat Polda Jatim langsung melakukan sidak di pasar.

WowKeren - Pemerintah Indonesia baru-baru ini telah melaporkan adanya kasus virus corona (covid-19) pertama di Tanah Air. Masuknya virus corona ke Indonesia tentunya telah membuat khawatir hingga masyarakat melakukan panic buying.

Akibat panic buying, keberadaan beberapa barang menjadi langka dan begitu mahal seperti masker hingga sembako. Kini, Satuan Tugas (Satgas) Pangan dari Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) langsung menggelar di Pasar Keputran, Surabaya.

Sidak ini digelar demi melihat harga dan ketersediaan sejumlah komoditas menjelang Ramadhan. Tim Satgas Pangan Polda Jatim bekerja sama dengan Disperindag Jatim saat melakukan sidak ini.

"Jadi Tim Satgas Pangan Polda Jatim bersinergi juga dengan Disperindag Jatim," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko seperti dilansir Detik, Jumat (6/3). "Kemudian dari Bulog, dan KPPU kita bersama-sama melakukan sidak pasar terkait dengan ketersediaan pangan. Khususnya sayur-sayuran dan beberapa rempah-rempah."


"Sidak dilakukan dalam rangka menjelang Bulan Ramadhan sudah dekat," sambungnya. "Dan ini kita sudah melihat kendala-kendala seperti apa dan ada instansi atau stakeholder untuk kita ajak koordinasi."

Setelah menggelar sidak di sejumlah pasar Jawa Timur, harga dan ketersediaan komoditas di pasar masih normal serta terkendali. Meski demikian, sejumlah komoditas juga ditemukan adanya kenaikan harga hingga kelangkaan barang.

"Untuk kondisi pasar saat ini normal. Namun ada beberapa komoditas yang sifatnya minim, seperti bawang bombay, kemudian ada temulawak, jahe merah," jelas Kombes Trunoyudo. "Namun beberapa itu yang disampaikan pedagang belum masuk ke pasar. Namun secara harga memang ada kenaikan tapi masih terkendali."

"Maka di sinilah fungsi sidak dan kita sudah berkoordinasi dengan Direktorat Kriminal Khusus Polda Jatim ini melalui Satgas Pangan Polda Jatim ini," sambungnya. "Dan melajukan koordinasi sejauh mana kendala yang dialami pedagang di pasar dan konsumen."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait