Seluruh Perusahaan di Indonesia Wajib Sediakan Masker Demi Cegah Wabah Virus Corona
Nasional

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan para pemimpin perusahaan di seluruh Indonesia untuk melakukan sosialiasi dan edukasi terkait virus corona yang telah masuk ke Tanah Air.

WowKeren - Wabah virus corona (Covid-19) yang telah masuk ke Indonesia membuat masyarakat merasa was-was. Berbagai langkah antisipasi dan pencegahan penularan virus corona pun dilakukan oleh pemerintah, termasuk di lingkungan kerja masyarakat.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan para pemimpin perusahaan di seluruh Indonesia untuk melakukan sosialiasi dan edukasi terkait virus corona. "Kita terus mengimbau perusahaan untuk tetap waspada dan meningkatkan upaya perlindungan pekerja, pengusaha itu sendiri, maupun masyarakat sekitar terkait virus corona," tutur Ida dalam keterangannya pada Rabu (10/3).

Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah dengan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peraturan perundangan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam upaya pencegahan virus corona. "Jadi perusahaan harus memiliki dan mengimplementasikan Sistem Manajemen K3, khususnya terkait antisipasi virus corona terutama di lingkungan kerja," lanjut Ida.


Lebih lanjut, Ida juga mengimbau agar pihak pengusaha maupun pekerja tetap menjalankan aktivitas dengan mengikuti prosedur kesehatan yang disosialisasikan oleh pemerintah. Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah mewajibkan pimpinan perusahaan di seluruh Indonesia untuk menyediakan fasilitas jaminan pelindungan tenaga kerja dari pandemi corona.

Jaminan perlindungan dari virus corona yang dimaksud di sini adalah masker hingga sarana cuci tangan. Fasilitas ini harus tersedia di setiap perkantoran, pabrik, dan setiap tempat kerja di Indonesia. "Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan para pekerja dalam menjalankan tugasnya," ungkap Ida.

Kementerian Ketenagakerjaan sendiri sebelumnya sudah menerbitkan edaran kepada para pengusaha supaya meningkatkan kewaspadaan serta menjamin perlindungan terhadap para tenaga kerja mereka. "Saya mengimbau juga kepada para pekerja di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan, namun jangan panik," pungkas Ida.

Sementara itu, hingga Selasa (10/3), jumlah kasus corona di Indonesia telah melonjak menjadi 27 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengonfirmasi adanya 8 pasien baru yang positif terjangkit virus corona pada Selasa kemarin.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru