Erick Thohir Siapkan Hotel dan RS BUMN Tangani Corona, Ada Ruang Isolasi Hingga Lab Diagnosis
Nasional

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan RS Pertamina Jaya yang menggunakan bangunan lama memiliki ruang isolasi bertekanan negatif selain itu juga terdapat laboratorium untuk diagnosis.

WowKeren - Kasus corona kian hari kian bertambah jumlahnya di Indonesia. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja sama banyak pihak untuk menanggulangi virus ini agar tidak semakin menyebar. Pasalnya seiring meningkatnya kasus corona, membuat banyak pasien juga harus dirawat.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jaya maupun hotel berplat merah sebagai tempat penanganan virus corona. Adapun hotel BUMN yang dimaksud adalah Hotel Patra Comfort.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan RS Pertamina Jaya yang menggunakan bangunan lama memiliki ruang isolasi bertekanan negatif. Selain itu, RS yang ada di daerah Cikini dan Pramuka ini mampu menampung pasien dengan kapasitas 65 tempat tidur.


"Jadi Rumah Sakit Pertamina Jaya itu akan menggunakan bangunan lama, kan di daerah Cikini sama Pramuka. Itu ada sarana ruang isolasi bertekanan negatif di 3 lantai," kata Arya dilansir Detik, Senin (17/3). "Sehingga sistem penyaringan udara itu nggak terlewati virus juga."

Tak hanya itu, RS Pertamina Jaya juga dilengkapi dengan laboratorium untuk diagnosis dan fasilitas radiologi. Untuk penanganan corona sendiri, RS ini menyediakan sebanyak 10 dokter spesialis dan perawat yang sudah terlatih. "Penanganan Covid 19 di Rumah Sakit Pertamina Jaya akan didukung 10 dokter spesialis, 8 dokter umum, 3 perawat terlatih," terang Arya.

Sementara itu untuk hotelnya sendiri, akan digunakan untuk menampung orang dalam pemantauan atau (ODP). Saat ini, jumlah tempat tidur yang tersedia ada 52 unit dan akan mengalami penambahan. Ia berharap agar proses itu bisa selesai dalam waktu 2 minggu.

"Dan nanti ada penambahan 90 tempat tidur lagi kita siapkan di situ kita akan bikin seperti ruangan khusus mudah-mudahan selesai dalam tempo 2 minggu," jelas Arya. "Sehingga total kapasitas mencapai 160 tempat tidur, ini semua akan kita lengkapi. Jadi hotel tadi akan kita jadikan tempat penanganan corona."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait