Ini Hal-hal yang Harus Dilakukan ODP Corona Untuk Menghambat Penyebaran Virus, Apa Saja?
Nasional

Hal yang perlu dilakukan oleh Orang Dalam Pemantauan (ODP) kasus corona untuk menekan penyebaran virus corona adalah dengan isolasi diri. Adapun protokol dalam mengisolasi diri adalah sebagai berikut.

WowKeren - Kasus corona (Covid-19) di Indonesia kian hari kian bertambah. Hingga Sabtu (28/3), situs pemerintah covid19.go.id mencatat adanya penambahan 109 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Hingga jumlah total pasien positif COVID-19 di Tanah Air menjadi 1.155 orang. Tak hanya itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di sejumlah daerah meningkat hingga ribuan, seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Untuk menghambat penularan virus Covid-19 yang berbahaya tersebut, perlu dilakukan beberapa hal, seperti isolasi diri (self isolation) dan tidak meninggalkan rumah selama 14 hari kecuali ke klinik atau RS untuk memeriksakan diri jika gejala bertambah buruk.

Pastikan juga memiliki kontak dari Dinas Kesehatan di Kota/Kabupaten atau Puskesmas yang menjadi narahubung pengawasan kondisi ODP. Selama melakukan isolasi diri, ODP juga perlu menggunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah.

Apabila kamar mandi di dalam rumah hanya satu, pastikan untuk membersihkan kamar mandi termasuk toilet dengan menggunakan disinfektan usai digunakan oleh ODP. Para anggota keluarga juga dilarang melakukan kegiatan bersama, apabila berada di ruangan yang sama setidaknya wajib menjaga jarak kurang lebih satu meter dan menggunakan masker.


Untuk alat makan, sebaiknya yang digunakan oleh ODP harus terpisah dengan milik anggota keluarga lain. Begitupula dengan proses pencuciannya.

Bersihkan benda yang sering disentuh oleh ODP seperti handphone, keyboard laptop, pegangan pintu, remote TV dan AC, meja, kursi, dan lain-lain secara teratur, dengan cairan pembersih. Dalam membersihkannya perlu menggunakan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung.

Cuci tangan dengan air dan sabun secara teratur, setidaknya 20 detik setiap kalinya. Terutama setelah batuk, bersin, pergi ke kamar mandi, sebelum makan, setelah melepas atau memasang masker.

ODP perlu menghindari memegang dan mencium hewan peliharaan seperti kucing atau anjing bila punya. ODP juga perlu mengecek kondisi kesehatan diri secara teratur setiap pagi.

Terakhir, ungsikan anggota keluarga yang memiliki daya tahan tubuh rendah agar tidak berkontak langsung dengan ODP. Orang dengan daya tahan tubuh rendah yang dimaksud adalah manula, sedang dalam masa pengobatan penyakit kronis (penyakit diabetes/gula, riwayat tumor/kanker), memiliki penyakit autoimun atau kondisi pernapasan yang tidak prima. Ini karena secara statistik, manula dan mereka yang memiliki komorbiditas (penyakit lain) memiliki risiko lebih tinggi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait