Unik dan Menarik, Mahasiswa Jepang Wisuda Online Diwakilkan Robot Karena Dampak Corona
Twitter/dewahoya
SerbaSerbi

Sebagai bentuk pencegahan wabah virus corona (COVID-19), salah satu universitas di Tokyo, Jepang mengadakan wisuda secara online. Menggunakan aplikasi dan robot, momen wisuda ini menjadi sorotan netizen.

WowKeren - Wabah virus corona (COVID-19) saat ini membuat penduduk dunia menjadi resah. Pemerintah pun telah mengimbau masyarakat untuk karantina di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Selama pandemi corona, kegiatan belajar mengajar pun dilakukan secara online. Bukan hanya kegiatan belajar mengajar, wisuda pun kini dilakukan secara online. Seperti halnya yang dilakukan oleh Universitas atau sekolah Pascasarjana Terobosan Bisnis (Universitas BBT atau Sekolah Pascasarjana) yang ada di Tokyo, Jepang.

Wisuda tersebut dilakukan secara online sepenuhnya dengan siswa mengoperasikan robot avatar sebagai alter ego dari lokasi terpencil. Mereka pun menerima diploma dari Presiden Kenichi Omae.

Photo-INFO

Twitter

Penggunaan "Newme" dalam upacara wisuda adalah yang pertama di dunia untuk universitas dan sekolah pascasarjana BBT. Pada upacara tersebut, empat lulusan (dua sarjana dan dua sekolah pascasarjana) mengoperasikan "Newme" dari rumah atas nama para lulusan. Sementara itu, lulusan lain menonton secara online melalui aplikasi "Zoom".


Untuk diketahui "Newme" memiliki tablet sebagai "wajah" dan dapat dipindahkan dengan "kaki" roda empat. Saat nama dipanggil oleh moderator, "Newme" datang dengan mengenakan gaun kelulusan dan topi Universitas BBT serta muncul proyeksi wajah sang wisudawan.

Photo-INFO

Twitter

Sederet momen wisuda online mahasiswa Jepang tersebut juga dibagikan oleh netizen Indonesia di Twitter. Tak sedikit netizen bersedih karena akan menghadapi wisuda online. Beberapa netizen berharap wabah corona akan segera berakhir agar mereka bisa wisuda seperti pada umumnya.

"Hadiah skripsi dan kuliah bertahun tahun di bayar dengan vidio Call," tulis akun @hantu***. "W yg ngrjain skripsi, tugas, dll, robotnya yg wisuda," sambung akun @uzy***. "Huaaaaa nda mau wisuda online," tambah akun @aku***. "Indo jgn wisuda onlen y," sahut akun @desy***. "Aku gamau kaya gini nantiii pokoknya harus langsung, wabah ini segeralah hilang aamiin," tambah akun @lovini***.

"Lah kok kocaak sih, itu robotnya kusus buad wisudaan kah? Pakein kebaya kek biar ga serem begitu wkwkwk eitsss semoga wisudaqu ga begitu :" ga ada euforianya oy. Skripsi garap mati2an eh wisudanya diwakilin. Sama robot lagi huhu," kata akun @dm***. "Ngirit biaya sewa kebaya sm mua," seru akun @ddelp***. "Hemat ,gak usah mikirin kebaya dll," imbuh akun @bulan***.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru