Menang Telak Lawan Nurmansyah, Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI
Nasional

Untuk pemilihan Wagub DKI ini, DPRD menyediakan sebanyak 106 surat suara dan 5 surat cadangan. pemilihan pun dilakukan secara secara terbuka pada hari ini.

WowKeren - Sejak ditinggalkan oleh Sandiaga Uno pada 2018 lalu, kursi wakil gubernur sempat dibiarkan kosong hingga waktu yang cukup lama. Sampai pada akhirnya, hari ini, Senin (6/4) terpilih lah wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru.

DPRD DKI Jakarta melalui rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta memutuskan nama Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru untuk menggantikan Sandiaga mendampingi Gubernur Anies Baswedan hingga 2022 nanti.


Politikus Partai Gerindra itu menang telak melawan saingannya, Nurmansyah Lubis yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan mengantongi 81 suara dalam voting. Sedangkan Nurmansyah hanya 17 suara. Sedangkan 2 suara lainnya dianggap tidak sah.

Untuk pemilihan Wagub DKI ini, DPRD menyediakan sebanyak 106 surat suara dan 5 surat cadangan. pemilihan pun dilakukan secara secara terbuka dan dapat disiarkan melalui YouTube channel milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Surat suara sebanyak 111," kata Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI, Farazandi Fidiansyah, Senin (6/4). "106 untuk jumlah anggota DPRD, 5 surat suara disediakan sebagai cadangan jika ada surat suara yang rusak."

Riza dan Nurmansyah merupakan cawagub baru yang diusulkan Gerindra dan PKS. Sebelumnya, sudah ada 2 nama cawagub yang diusulkan oleh PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun, karena kedua nama itu tak kunjung diproses oleh DPRD DKI Jakarta maka dilakukan lah penggantian.

Sementara itu, Riza sendiri mengaku tak memiliki program khusus jika terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta. Hal itu sempat dikatakannya saat diskusi dengan Fraksi PAN DPRD DKI. pasalnya, baik dirinya maupun Nurmansyah hanyalah cawagub pergantian antar waktu, bukan yang dipilih bersama Anies.

"Yang perlu digarisbawahi, saya dan Nurmansyah adalah cawagub PAW bukan pilkada," kata Riza beberapa waktu lalu. "Kalau pilgub bersama gubernur menyusun program bersama, melaksanakan bersama. Nanti setelah terpilih ikut melaksanakan."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts