Hand Sanitizer Tanpa Izin Dilarang Diperjualbelikan, Ini Alasannya
Nasional

Kepala Balai Pengawasan Obat (BPOM) mengatakan bahwa tak sembarang hand sanitizer bisa diperjualbelikan. Pasalnya, hanya hand sanitizer yang memiliki izin edar saja yang boleh diperjualbelikan di pasaran.

WowKeren - Hand sanitizer harus memiliki izin edar agar bisa bebas diperjualbelikan. Pasalnya, hand sanitizer yang dijual bisa dijamin standar dan formulanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apabila hand sanitizer beredar tanpa izin berarti dianggap ilegal. “Kami sulit mengukur apakah hand sanitizer itu dibuat dengan standar atau tidak, apakah efektif untuk membunuh kuman atau tidak,” kata Kepala Balai Pengawasan Obat (BPOM) di Palu, Fauzi, dilansir Kumparan, Senin (6/4).

Karena itu, hand sanitizer yang diproduksi sendiri tidak bisa diperjualbelikan dan hanya untuk penggunaan pribadi. “Berhati-hati jika membeli hand sanitizer atau jika ragu bisa dikonsultasikan dengan BPOM,” ujarnya.

BPOM sendiri memproduksi hand sanitizer sendiri namun dalam pembuatannya, mereka mengacu pada standar dan formula yang berlaku. “Hal itu bisa kita pertanggungjawabkan dan kita tidak perjualbelikan,” terangnya. "Dipersilahkan untuk membuat sendiri tetapi mengambil sumber dari yang resmi seperti Kementerian Kesehatan, BPOM atau WHO."


Sementara itu, seorang dari Bali berhasil memproduksi hand sanitizer-nya sendiri dengan bahan tak biasa. Kepolisian Daerah (Polda) Bali bekerja sama dengan Laboratorium Farmasi Universitas Udayana (Unud) telah membuat hand sanitizer dengan bahan dasar arak Bali.

Arak Bali tersebut rupanya hasil sitaan dari aparat kepolisian se-Bali. Arak sekitar 3.650 liter tersebut kemudian diekstrak menjadi alkohol murni dengan kadar 96 persen.

Ribuan liter arak itu perlu didistilasi ulang agar bisa menyamakan kadar alkoholnya. Setelah mendapatkan cairan dengan kadar alkohol 96 persen, tim akan menambahkan beberapa formula untuk membuat hand sanitizer.

Hand sanitizer dari arak Bali ini sendiri diklaim tidak akan membuat iritasi kulit. Pasalnya, tim yang membuatknya akan menambahkan beberapa bahan-bahan herbal seperti minyak cengkeh, minyak mint, dan povidone iodine.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru