Punya 340 Ruang Observasi, RS COVID-19 Pulau Galang Resmi Beroperasi
Nasional

Rumah sakit tersebut dikhususkan untuk para pekerja migran namun tetap akan menerima pasien rujukan dari rumah sakit yang ada di setiap daerah atau wilayah.

WowKeren - Rumah Sakit khusus penanganan corona di Pulau Galang yang ada di Kota Batam, Provinsi Kepri, telah resmi dibuka pada Senin (6/4) sore. Adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksdya TNI Yudo Margono yang melakukan peresmian tersebut.

Ia mengatakan jika peresmian tersebut sudah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Rumah sakit tersebut memiliki sejumlah fasilitas seperti 340 ruangan untuk melakukan observasi serta 20 ruangan untuk isolasi.

"Rumah sakit ini memiliki fasilitas 340 ruangan observasi dan 20 ruangan untuk isolasi khusus siap digunakan," kata Yudi melalui keterangannya, Selasa (7/4). "Pengoperasiannya, di bawah kendali Pangkogasgabpad wilayah Pulau Galang, yaitu Pangdam I/ Bukit Barisan."


Perlu diketahui jika rumah sakit yang dibangun di Pulau Galang ini dikhususkan untuk para pekerja migran. Kendati demikian, rumah sakit itu tetap akan menerima pasien rujukan dari rumah sakit yang ada di setiap daerah atau wilayah.

Sejumlah tenaga medis bersama dengan TNI-Polri siap untuk menjalankan tugas masing-masing di sana. "Kesiapan sarana dan prasarana, termasuk tenaga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, Pemda dan relawan sudah siap, yang berjumlah 241 orang termasuk messing dan tim pendukung. Untuk dapur lapangan akan menggunakan tim dari Bekangdam I," lanjutnya.

Terkait akses menuju ke rumah sakit, ada pelabuhan laut maupun helipad yang bisa digunakan terutama untuk kondisi darurat. Nantinya, proses screening akan dilakukan di pelabuhan. "Sedangkan untuk screening dilaksanakan di pelabuhan, apabila terindikasi COVID-19 baru diobservasi atau diisolasi di rumah sakit darurat khusus," jelas Yudo.

Rumah Sakit Khusus Infeksi Penyakit menular Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau menyediakan 3 klaster perawatan untuk pasien positif corona. "Klaster OTG untuk 260 kamar, Klaster PDP sebanyak 100 kamar, dan 20 kamar ICU untuk pasien positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana di Jakarta, Senin (6/4).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait