Bukan Cuma Lokasi RS Khusus Corona, Pulau Galang di Batam Juga Untuk Antisipasi Ini
Nasional

Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau sedang menjadi sorotan pasca pemerintah berencana untuk membangun rumah sakit khusus Corona di sana. Kini pemerintah ikut mengungkap 'manfaat' lain pulau tersebut.

WowKeren - Wabah virus Corona membuat pemerintah mengambil langkah-langkah antisipatif sekaligus pencegahan penyebaran lebih lanjut. Salah satunya dengan membangun rumah sakit khusus mengatasi pasien terinfeksi virus Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Rencana ini disampaikan ke publik oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Kendati sempat ada miskomunikasi dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, namun tampaknya rencana ini akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Kekinian, pemerintah pun mengungkap bahwa Pulau Galang nanti tak hanya digunakan sebagai lokasi pembangunan rumah sakit khusus pasien COVID-19. Ternyata ada makna lain di balik pembangunan fasilitas tersebut, seperti disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto.

Menurut Yuri, demikian ia biasa disapa, Pulau Galang juga dipersiapkan untuk mengantisipasi jika ada negara yang melakukan lockdown atau isolasi akibat COVID-19. Bila suatu negara di-lockdown, maka WNI yang berada di wilayah tersebut harus dievakuasi.

"Manakala nanti beberapa melakukan lockdown, maka kita harus menjemput," jelas Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona itu di Kantor Kemenkes, Rabu (4/3). "Kita harus mencarikan tempat untuk kemudian menampung mereka, ini skenarionya."


Namun Yuri menegaskan saat ini belum ada negara yang melakukan lockdown. "Kita baru mulai pilih-pilih tempat, kalau seandainya di beberapa negara melakukan lockdown," imbuhnya, seperti dilansir oleh Kompas, Kamis (5/3).

Yuri lantas mencontohkan nasib lima ribu WNI yang berada di Korea Selatan. Sebagai salah satu negara dengan kasus infeksi Corona terbanyak, maka ada kemungkinan Korsel mengambil langkah lockdown di masa mendatang.

Bila itu terjadi, maka Indonesia harus siap. Termasuk untuk mengevakuasi para WNI yang selama ini berdomisili di sana.

"Jadi bukan ke Galang untuk buat rumah sakit Corona seperti bayangan kita pada waktu Cina bangun rumah sakit di Wuhan, bukan seperti itu," jelas Yuri. "Jadi kita jangan bayangkan seperti itu, kita tidak akan buat seperti itu."

Yuri menegaskan Pulau Galang merupakan lokasi yang sudah memiliki bangunan, hanya saja perlu penataan ulang dan pemugaran di beberapa bagian agar lebih layak digunakan. Renovasi ini sedianya akan dilakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait