Dianggap Mirip, MV (G)I-DLE 'Oh My God' Dituding Plagiat 'Cellophane' Milik FKA Twigs
Musik

Sebuah postingan di situs Pann menyoroti MV 'Oh My God'. Netizen yang mempublikasikan postingan membandingkan beberapa adegan dalam MV tersebut dengan video musik 'Cellophane' milik FKA Twigs.

WowKeren - (G)I-DLE baru saja comeback dengan merilis mini album baru bertajuk "I Trust" pada 6 April lalu. Mini album tersebut memuat title track berjudul "Oh My God" yang menampilkan adegan-adegan fantastis bak film.

Sebuah postingan di situs komunitas online Pann menyoroti MV "Oh My God". Netizen yang mempublikasikan postingan membandingkan beberapa adegan dalam MV tersebut dengan video musik "Cellophane" milik penyanyi solo FKA Twigs.


Postingan berjudul "Pada Titik Ini, Tidakkah MV Baru (G)I-DLE Dianggap Plagiat?" itu memuat screeenshot adegan-adegan di video musik "Oh My God" dan "Cellophane". Sesuai klaim si netizen, adegan-adegan tersebut memang tampak mirip.

"Aku tidak menulis ini untuk membenci di (G)I-DLE dan aku juga bukan anti-fans mereka. Aku fans FKA Twigs dan aku sangat suka 'Cellophane'. Meskipun adegan ini tidak begitu penting dalam MV (G)I-DLE, adegan itu sangat penting dalam 'Cellophane'. Bahkan jika adegan ini tidak menjadi fokus pada MV (G)I-DLE, aku pikir itu tidak seharusnya mereka meniru 'Cellophane'," tulis si netizen.

(G)I-DLE

Source: Pann

Postingan turut menuai perhatian dan komentar dari para netizen yang lain. Mereka melontarkan beragam komentar menanggapi tudingan plagiarisme, namun sebagian besar membela (G)I-DLE.

"Beberapa fans internasional dari girl grup lain membicarakannya dan sepertinya mereka sudah datang. Itu (adegan yang dianggap mirip) lubang api. Itu digunakan beberapa dekade yang lalu."

"Apa kau orang yang sama yang bilang bahwa Kei meniru Tae Yeon karena dia memegang bunga di MV-nya? Ini adalah bagaimana neraka digambarkan dan itu sudah terlihat di film atau buku."

"Aku menonton MV-nya dan datang ke sini. Gaya dan aura lagu semuanya berbeda, mungkin itu sebabnya. Jujur, aku tidak merasa bahwa itu sama. Adegan jatuh (G)I-DLE hanya muncul sebentar sementara FKA Twigs jatuh untuk waktu yang lama dan adegan dengan lumpur hanya berlangsung beberapa detik di MV (G)I-DLE."

"Tapi bukankah ini adegan yang sangat mendasar? Sepertinya itulah yang muncul ketika orang membayangkan neraka."

"Melihatmu membenci mereka karena mereka sukses. Penjualan awal mereka meningkat dan mereka mendapat hasil yang baik di chart. Bahkan view MV mereka telah meningkat dan merupakan yang terbaik sejauh ini. Jadi kau benar-benar ingin membenci mereka berdasarkan apa pun?"

"Menuduh plagiat berdasarkan dua adegan, ya ampun. Padahal adegan ini sangat singkat dan mendasar. Aku bahkan tidak perlu menjelaskan ini."

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts