Ramadan di Tengah Pandemi Corona, Istiqlal Bakal Antar Makanan untuk Berbuka
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jika biasanya umat muslim akan berkumpul di masjid untuk menikmati aktivitas buka bersama, untuk tahun ini sepertinya hal itu akan sangat sulit untuk dilakukan.

WowKeren - Pandemi corona yang telah sampai ke Indonesia membuat masyarakat harus melakukan social distancing guna menekan penyebaran virus ini. Hal ini juga juga akan berimbas bagaimana umat muslim melakukan aktivitas saat bulan Ramadan nanti.

Sejumlah masjid biasanya akan menyediakan menu takjil atau berbuka untuk membantu mereka yang kekurangan. Jika biasanya umat muslim akan berkumpul di masjid untuk menikmati takjil dan ataupun melakukan aktivitas buka bersama, untuk tahun ini sepertinya hal itu akan sangat sulit untuk dilakukan.


Meski demikian Pengurus Masjid Istiqlal punya cara lain untuk tetap bisa berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan membagikan makanan berbuka kepada masyarakat.

"Pengurus Masjid Istiqlal akan menyiapkan titik penyebarannya," kata Nasaruddin saat bertemu dengan Menteri Agama Facrul Razi, seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Kamis (9/4). "Dengan harapan semua bisa merasakan. Tentunya secara bergantian titik penyebarannya."

Ia menyebut jika saat ini pun sudah ada permintaan dari mereka yang membutuhkan. "Baru masuk WA ke saya, LP Cipinang meminta makanan pembuka untuk penghuni Lapas," imbuh Nasaruddin.

Masih dilansir dari laman Kemenag, buka puasa menjadi acara yang paling ditunggu para jemaah masjid Istiqlal. Sedikitnya tiga ribu jamaah hadir setiap harinya untuk buka puasa. Bahkan di akhir pekan, jumlah jamaah bisa meningkat lebih dari 2 kali lipat hingga mencapai 7 ribu.

Namun berdasarkan imbauan dari pemerintah, maka acara buka puasa bersama tidak bisa dilaksanakan demi mencegah penyebaran COVID-19. Selain meniadakan acara buka bersama, acara salat tarawih juga ditiadakan. Meski demikian, tausiah akan tetap digelar namun secara online.

"Kami sedang siapkan Tausiah Virtual atau Online. Sementara masih disiapkan lembaga penyiaran yang mau bekerja sama untuk tausiah online ini," kata Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Bahrul Hayat. "Dan seperti biasa di awal Ramadhan tausiah pertama disampaikan Menteri Agama."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts