Komisi I DPR RI Risau Wartawan Positif Corona, Begini Imbauan Untuk Penyelenggara Konferensi Pers
Nasional

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengaku risau dengan catatan wartawan yang positif terjangkit virus corona. Kendati demikian, ia menyampaikan beberapa imbauan untuk penyelenggara konferensi pers.

WowKeren - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mencatat sejumlah kasus wartawan positif Covid-19. Kendati demikian, Meutya mengaku risau mengingat peran wartawan sangat penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Poin satu lagi yang juga kami bahas adalah terkait kerisauan kami menerima informasi bahwa saya terutama menerima informasi ada beberapa wartawan yang juga sudah dinyatakan positif COVID-19," kata Meutya dalam siaran langsung, Jumat (10/4). "Sampai saat ini wartawan kita tahu menjadi pilar yang amat penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, terkhusus di tengah pandemi COVID-19. Pilar keempat ini menjadi sangat krusial."

Lebih lanjut, Meutya kemudian mengimbau kepada para penyelenggara konferensi pers agar mematuhi protokol kesehatan. "Kami mengimbau bahwa untuk seluruh penyelenggara konferensi pers agar mematuhi protokol kesehatan yang sudah disepakati, tidak boleh lagi ada wartawan yang berkerumun sehingga dapat menjadi potensi penyebaran COVID-19," tutur Meutya.


Selain itu, perusahaan media juga diminta untuk memberikan edukasi kepada wartawan dalam menerapkan physical distancing. "Yang kedua terdapat perusahaan pers yang berperan untuk bertanggung jawab, mengedukasi para wartawannya untuk juga lakukan physical distancing," ujarnya.

Meutya kemudian meminta para wartawan untuk selalu disiplin dalam mentaati aturan ketika melakukan liputan maupun wawancara. "Terakhir kepada rekan-rekan wartawan yang menjadi garda terdepan di tengah pandemi saat ini, kami mohon juga lakukan self discipline atau disiplin mandiri dalam peliputan," pungkas Meutya.

"Terkhusus liputan Covid agar terus menjaga jarak aman selama tidak bertugas bisa lakukan pelaporan," tandas Meutya. "Jika memungkinkan lakukan di rumah saja."

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait