Marsha Aruan Hingga Fans Indo Kesengsem Pangeran Mateen, Ini Kata Pakar Gender
Instagram/aruanmarsha
Selebriti

Marsha Aruan dan Bebi Tsabina sempat mengungkap kekaguman mereka pada Pangeran Abdul Mateen dari Brunei. Tak cuma seleb, fans Indonesia juga terpikat dengan kharisma dari putra Sultan Hassanal Bolkiah itu.

WowKeren - Pangeran Brunei Abdul Mateen kembali jadi sorotan netter. Putra Sultan Hassanal Bolkiah itu membuat fans Indonesia patah hati karena dikabarkan punya pacar.

Sosok wanita yang beruntung itu bernama Anisha Isa. Anisha dan Mateen sempat foto bareng hingga dipuji sebagai pasangan serasi.

Anisha berparas cantik dan seorang pengusaha fashion. Ia juga cucu negarawan Pehlin Isa yang pernah menjabat sebagai menteri di Brunei dan orang kepercayaan kesultanan.

Sayangnya kehadiran Anisha malah memicu reaksi sinis. Ia diteror netizen Indo yang memintanya putus dari Mateen.

Sejauh ini Anisha belum memberikan tanggapan. Disisi lain, fenomena seleb hingga netter Indo yang ngefans berat Mateen sempat diulas oleh pakar gender dari Universitas 11 Maret, Sri Kusumo Habsari PhD.


"Ini bisa disebut sebagai society of spectacle yang sedang terjadi pada masyarakat kita dewasa ini," kata Sri pada Kompas.com. "Masyarakat gampang dibuat heboh dan suka membuat heboh berbagai hal kecil di sekitar kita."

Sri menilai perkembangan sosial media membuat masyarakat menciptakan ilusi atau realitas palsu untuk berbagai tujuan. Ada yang sekedar untuk hiburan tetapi ada juga yang menganggap realitas palsu itu sebagai perwujudan impian netter yang ingin mendapatkan sosok serupa. Selain itu, Sri menilai candaan netter yang mengagumi fisik Pangeran Mateen tak lantas bisa dianggap sebagai pelecehan seksual.

"Ikut heboh berkomentar ini sebagai bentuk ekspresi virtual. Namun secara faktual belum tentu mereka bersikap sama," kata Sri. "Ada unsur mengobyekkan seseorang, jika tidak ada unsur itu, maka tidak bisa disebut sexual harrasment. Komentar lebih pada fan culture. Pangeran Mateen sebagai selebritis yang mengundang fantasi."

"Selain itu, tidak ada batasan usia bagi society of spectacle. Bisa anak-anak sampai lansia. Ekspresinya yang berbeda-beda, tergantung faktor dan itu sulit digeneralisasikan," ujar Sri. "Perempuan bersuami juga bisa berkomentar, namun biasanya mereka memiliki identitas virtual yang berbeda dengan faktualnya."

Sebelumnya, Marsha Aruan pernah mengungkap kekaguman pada Mateen. Begitu juga Bebi Tsabina hingga sang ibunda ingin menjadikannya sebagai menantu.

"Ya Allah menantu mamah🥰 @bebytsabina @tmski," kata Linda. "@linda_darmawan03 HAHA ma," balas Beby.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru