COVID-19 Masih Menginfeksi RI, PON Papua Diundur Oktober 2021
Nasional

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga menyebut Menpora Zainudin Amali akan memberikan keterangan resmi melalui konferensi video. Jumpa pers itu akan digelar hari ini.

WowKeren - Pandemi corona yang melanda dunia hingga kini, membuat banyak agenda tertunda. Tak terkecuali yang ada di Indonesia, salah satunya gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON).

PON 2020 yang sedianya akan digelar di Papua pada Oktober 2020 ini ditunda hingga Oktober tahun depan. Hal itu diputuskan usai Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengambil keputusan pada rapat terbatas, Kamis (23/4).

Kabar tersebut pun sudah dikonfirmasi oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto. "PON 2020 ditunda ke Oktober tahun depan. Baru saja diputuskan oleh Bapak Presiden (Jokowi) di Ratas tentang PON," kata Gatot.

Gatot melanjutkan jika Menpora Zainudin Amali akan memberikan keterangan resmi melalui konferensi video. Jumpa pers itu akan digelar hari ini, Kamis (23/4).

"Jumpa pers oleh Menpora Zainudin Amali secara video conference siang ini tanggal 23 April 2020 tentang PON," lanjut Gatot. "Pak Menpora sudah diberi mandat oleh Bapak Presiden untuk jumpa pers siang in."


Di acara bergengsi itu rencananya akan ada 37 cabang olahraga yang digelar. Papua ditunjuk sebagai tuan rumah PON setelah mengalahkan Bali dan Aceh.

Sebelumnya, Zainudin menyebut jika memang ada kemungkinan untuk menunda penyelenggaraan ini. Namun hal itu perlu melihat situasi ke depannya mengingat kasus corona di RI semakin bertambah.

"Kalau memang harus mengambil keputusan untuk tunda, tentu kita tunda," kata Zainudin. "Tetapi jika situasi makin mereda dan kesiapan untuk pelaksanaan PON 2020 tidak terganggu secara signifikan maka saya kira tetap akan dilangsungkan sesuai rencana."

Namun, ia menegaskan bahwa keputusan untuk menunda pekan olahraga tersebut tidak bisa diambil dalam waktu dekat. Jadi, untuk sementara penyelenggaraan PON masih ditetapkan sesuai jadwal.

Menurut hasil rapat dengan Presiden Joko Widodo, Menpora akan melihat perkembangan situasi dalam beberapa waktu mendatang. "Tetapi itupun bukan menjadi keputusan Menpora sendiri tentu saya akan ajak diskusi dengan KONI Pusat, KONIDA, dan cabor-cabor ," imbuh Zainudin.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait