Tak Mau Kalah Dengan Zoom, Facebook Luncurkan Room
Getty Images
Tekno

Seolah tidak mau kalah dengan suksesnya aplikasi Zoom di tengah wabah corona saat ini, Facebook berusaha bersaing dengan meluncurkan fitur Room. Seperti apa?

WowKeren - Kebutuhan masyarakat terhadap layanan video call atau konferensi di tengah pandemi virus corona (COVID-19) saat ini semakin meningkat pesat. Pasalnya, pandemi virus corona telah membuat banyak warga dunia harus menjalani kehidupan mereka di rumah dan isolasi mandiri sehingga layanan video sangat dibutuhkan setiap harinya, baik untuk bekerja maupun bersekolah.

Aplikasi Zoom menjadi salah satu penyedia layanan video konferensi yang telah meroket di tengah pandemi saat ini. Kini, perusahaan raksasa media sosial Facebook rupanya berniat menyaingi Zoom dengan meluncurkan fitur baru bernama Room.

Fitur Room ini telah ditambahkan dalam layanan pesan instan Messenger milik Facebook. Messenger Room berfungsi untuk melakukan panggilan video (video call) ke dalam layanan pesan instan Messenger. Fitur baru ini memungkinkan sebanyak 50 orang untuk melakukan rapat maupun belajar virtual, atau sekadar mengobrol dengan teman atau keluarga tanpa batasan waktu.

”Anda dapat mengundang siapa saja untuk melakukan panggilan video, meskipun teman atau keluarga Anda tidak memiliki akun Facebook,” tulis perwakilan Facebook, seperti dilansir dari CNN, Sabtu (25/4). “Nantinya Messenger Room akan segera menampung sampai 50 orang partisipan tanpa batas waktu.”


Selain itu, fitur ini juga bisa mengirimkan undangan secara langsung. Ketika seseorang yang menjadi host atau pengundang hendak mengadakan suatu pertemuan, undangan bisa langsung dikirim ke laman News Feed dan Groups&Events pada aplikasi Facebook.

Dilansir dari Ventura Beat, fitur Room ini kedepannya tidak hanya akan digunakan di Facebook, namun juga aplikasi lainnya yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg ini. Diantaranya adalah Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Wakil Presiden Facebook untuk layanan Messenger, Stan Chudnovsky menyanggah jika fitur ini berusaha meniru aplikasi Zoom buatan Eric Yuan. Ia bahkan mengklaim jika Messenger Room sudah dikerjakan dari lama jauh sebelum adanya pandemi virus corona.

Chudnovsky mengatakan jika fitur ini telah dikembangkan Facebook selama bertahun-tahun. Room juga disebutkan telah diluncurkan empat tahun yang lalu di Kanada dan Australia. Tujuan Facebook menciptakan fitur ini untuk mendorong banyak pekerja dari rumah yang membutuhkan teknologi seperti video call untuk berkoordinasi.

”Kami telah mengerjakan Messenger Room jauh sebelum virus corona,” tegas Chudnovsky. “Kami sudah meluncurkan layanan ini semenjak empat tahun lalu untuk pengguna kami yang tinggal di Kanada dan Australia.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel