Jabar Catat Nol Tambahan Kasus, Ridwan Kamil 'Ngotot' Lakukan PSBB Tingkat Provinsi Mulai 6 Mei
Getty Images
Nasional

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memamerkan momen ketika provinsinya tak lagi mencatat adanya tambahan kasus COVID-19. Namun kondisi ini tak menyurutkan langkah Ridwan mengajukan PSBB tingkat provinsi.

WowKeren - Belum lama ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan kondisi terkini perkembangan COVID-19 di wilayahnya. Ia mengklaim pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan di beberapa kabupaten/kota Jawa Barat memberikan dampak positif terkait pengendalian wabah penyakit.

"Kemarin 3 kasus positif Covid. Hari ini kasus positif Covid nol. Semoga berlanjut tren turunnya," cuit Kang Emil, demikian biasa Ridwan dipanggil, lewat Twitter-nya pada Jumat (1/5) malam. "Semoga PSBB membawa hasil ya Allah. Kita jgn lengah."

"Jabar dlm menangani covid yg dibangun adalah superteam bukan superman," imbuhnya, berusaha memberikan semangat bagi setiap lapisan rakyatnya yang berjibaku bersama melawan wabah COVID-19. "Kerja bersama satu irama adalah kunci. #KitaPastiMenang."

Namun tampaknya kondisi ini tak membuat Emil berpuas diri. Sebab Emil mengajukan status PSBB untuk tingkat provinsi alias se-Jabar ke Kementerian Kesehatan, yang belakangan sudah mengantongi restu dari Menteri Terawan Agus Putranto.


Dilansir dari Ayo Bandung, Menkes Terawan telah meneken SK bernomor HK.01.07/Menkes/289/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Provinsi Jawa Barat dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Dalam SK itu tertulis PSBB berlangsung untuk masa inkubasi virus atau selama 14 hari.

Lebih lanjut, Emil menyebut PSBB Jabar akan dimulai pada Rabu (6/5) pekan depan. Bila menyesuaikan dengan SK yang diturunkan Menkes, maka PSBB Jabar akan berlangsung hingga Selasa (19/5) mendatang.

"Sekarang sudah ada 10 kabupaten/kota yang sudah PSBB," ujar Emil lewat keterangan resmi yang dirilis pada Sabtu (2/5) dini hari. "17 kabupaten/kota lainnya akan menyusul PSBB."

Sebagai informasi, PSBB Bodebek sendiri akan diperpanjang sampai Selasa (12/5), sementara PSBB Bandung Raya akan berakhir pada Selasa (5/5) pekan depan. Dengan keputusan PSBB Jabar, maka dipastikan wilayah Bodebek dan Bandung Raya akan memperpanjang PSBB sesuai masa terpanjang PSBB Jabar, yakni mencapai Selasa (19/5).

"Kami berharap dengan PSBB provinsi yang akan dimulai hari Rabu depan, maka warga Jabar bisa seirama, bisa satu gerakan, satu komando melakukan penguncian wilayah," ungkap mantan Wali Kota Bandung itu. "Sehingga tren yang turun ini bisa kita maintain."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait