KAI Layani Kembali 6 Rute KA Jarak Jauh Meski Wabah Corona, Ini Rinciannya
Nasional

PT KAI mengaku siap mengoperasikan kembali 6 rute lewat program Kereta Luar Biasa menyusul turunnya izin kelonggaran aktivitas transportasi oleh Kementerian Perhubungan.

WowKeren - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi baru-baru ini membuat geger dengan keputusannya melonggarkan larangan operasional moda transportasi umum ketika Indonesia masih berjibaku dengan tingginya penularan wabah Corona.

Relaksasi larangan ini pun kemudian ditindaklanjuti dengan terbitnya Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020. Surat edaran itu mengatur tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Menanggapi kebijakan itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI pun mengaktifkan kembali operasional 6 perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB). Tercatat ada beberapa rute yang dilayani, dan siap diluncurkan pada 12 sampai 31 Mei 2020.

"Terdapat 6 perjalanan Kereta Api Luar Biasa yang kami operasikan untuk masyarakat yang dikecualikan," ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangannya pada Senin (11/5). "Sesuai aturan pemerintah dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat."


Lantas rute apa sajakah yang dilayani lewat program Kereta Luar Biasa ini? Dikutip dari Detik Finance, ada 3 rute yang akan dilayani, yakni Gambir-Surabaya Pasarturi lewat jalur utara, Gambir-Surabaya Pasarturi lewat jalur selatan, dan Bandung-Surabaya Pasarturi.

Untuk rute pertama, Gambir - Surabaya Pasarturi PP melalui lintas utara akan berkapasitas 264 penumpang yang dibagi dalam 4 gerbong eksekutif dan 4 ekonomi. Stasiun yang dilalui meliputi Gambir, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasarturi. Tarif jarak terjauhnya adalah Rp 750 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 400 ribu untuk ekonomi.

Untuk rute kedua, yakni Gambir - Surabaya Pasarturi PP lintas selatan, juga berkapasitas serupa. Total ada 4 gerbong kereta eksekutif dan ekonomi yang melalui 4 stasiun, yakni Gambir, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi. Tarif yang dipatok untuk rute terjauh adalah Rp 750 ribu kelas eksekutif dan Rp 450 ribu kelas ekonomi.

Sedangkan rute terakhir, yakni Bandung - Surabaya Pasarturi PP akan melayani sebanyak 198 penumpang yang dibagi dalam 3 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi. Stasiun yang dilalui termasuk Bandung, Yogyakarta, Madiun, dan Surabaya Pasarturi. Biaya termahal yang ditetapkan adalah Rp 630 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 440 ribu untuk kelas ekonomi.

Tiket ini sendiri mulai dijual Senin (11/5) hari ini di loket stasiun keberangkatan. Pemesanan dan pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-7 keberangkatan. Pemesanan pun wajib dilakukan oleh yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait