Sembuh dari Virus Covid-19, Twindy Rarasati Bagikan Informasi Penting
Instagram/twindyrarasati
Selebriti

Twindy Rarasati telah dinyatakan sembuh dari virus corona beberapa waktu lalu. Twindy pun menjelaskan panjang lebar mengenai informasi yang harus diketahui masyarakat penting tentang virus Covid-19.

WowKeren - Aktris Twindy Rarasati sempat mengumumkan bahwa dirinya dinyatakan positif corona. Setelah dinyatakan sembuh dari virus Covid-19, Twindy masih harus menjalani isolasi diri di rumah.

Melihat kesembuhan Twindy, para netizen pun mulai bertanya banyak hal terkait virus Covid-19. Kebanyakan dari mereka menanyakan seputar gejala orang saat terpapar virus corona.

"Satu-satu saya coba jawab ya, meskipun sebenarnya saya yakin teman-teman sudah membaca banyak sekali informasi di media-media yang teman-teman percayai. Gejala-gejala Covid-19 banyak dan belum spesifik. Apakah hanya demam saja sudah pasti menderita Covid-19? Tidak juga. Apakah batuk sudah pasti Covid-19? Nope," tulis Twindy di laman akun Instagram-nya pada Jumat (15/5) lalu.

"Berikut saya list beberapa gejala yang dilaporkan di beberapa penelitan di beberapa negara. Demam (83 - 98%), batuk (76 - 82%), pilek (4%) mudah lelah, sesak napas atau napas pendek-pendek (31 - 55%), nyeri otot & sendi (11 - 44%), meriang, nyeri tenggorokan (5%), hilangnya indra pembau dan pengecap, nyeri kepala, nyeri dada (2%), mual, muntah, diare (1 - 2%) yang muncul lebih kurang 2 - 14 hari setelah terpapar dari virus dengan rata-rata sekitar 5 hari," imbuh Twindy.

Perempuan berusia 26 tahun ini kemudian menjabarkan jika gejala yang dialami tiap penderita virus Covid-19 tersebut berbeda-beda. Misalnya, pasien A belum tentu mengalami gejala yang sama seperti pasien B, begitu pun sebaliknya.


"Gejala-gejala yang disebutkan di atas bisa jadi tidak ada sama sekali atau hanya timbul sesekali dan tidak berat. Beberapa pasien bisa saja mengeluh sesak napas tanpa adanya demam, atau nyeri dada tanpa adanya sesak. Gejala setiap orang berbeda. Apa yang terjadi di pasien A belum tentu terjadi di pasien B. Tidak perlu membanding-bandingkan atau menyama-nyamakan hehe. Dan karena gejalanya tidak spesifik, sering kali mirip dengan penyakit lain yang memiliki gejala serupa seperti common cold dan sebagainya," ujar Twindy.

Dalam keterangan unggahannya, Twindy juga menerangkan apabila ia bukan bermaksud untuk menggurui. Ia hanya ingin membagikan informasi dengan cara merangkum beberapa sumber yang telah dibacanya. Tujuan membagikan informasi ini agar netizen juga bisa lebih paham seputar virus Covid-19.

"Sampai sekarang ada beberapa tanda dan gejala Covid-19 tambahan yang sedang diteliti apakah memang berhubungan secara langsung terhadap penyakitnya atau tidak. Saya menyarankan teman-teman mengambil informasi dari sumber yang terpercaya, bisa dari published journal dan artikel ilmiah. Apa yang saya kemukakan di sini hanya bermaksud membantu merangkum sedikit namun ada baiknya informasi yang teman-teman terima selalu dicrosscheck ulang," jelas Twindy.

Di akhir keterangan unggahannya, Twindy tidak lupa berdoa agar wabah virus ini segera berakhir dan semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa lagi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para tenaga medis yang sudah banyak membantunya selama proses penyembuhan.

"Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menghadapi pandemi ini. Aamiin. PS : I took this one during my quarantine. Thank you for all the doctors & nurses who helped me get through this," tutup Twindy.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru