CEO Pledis Entertainment Dilaporkan 'Curi' Royalti Lagu IZ*ONE Di Bawah Nama Istri
Musik

Dispatch merilis laporan eksklusif yang menyatakan bahwa CEO tersebut mengklaim telah terlibat dalam penulisan lirik untuk delapan lagu IZ*ONE di bawah nama 'So Jay'.

WowKeren - Han Sung Soo yang merupakan CEO Pledis Entertainment baru-baru ini dilaporkan mendapat untung secara tidak adil dari royalti musik IZ*ONE. Pada kemarin, Selasa (26/5), Dispatch merilis laporan eksklusif yang menyatakan bahwa CEO tersebut mengklaim telah terlibat dalam penulisan lirik untuk delapan lagu IZ*ONE di bawah nama "So Jay".

Menurut laporan itu, "We Together", sebuah lagu yang telah dibuat untuk "Produce 48" dan dirilis pada September 2018 lalu, tidak memuat nama So Jay pada saat rilis. Namun nama itu dimasukkan ketika lagu yang sama dirilis pada bulan Oktober di mini album pertama IZ*ONE yang bertajuk "COLOR*IZ".

Hal ini berarti So Jay juga dikreditkan dalam mini album kedua IZ*ONE yang berjudul "HEART*IZ". Hal ini karena telah berpartisipasi dalam menulis lirik untuk "Violeta", serta lagu-lagu seperti "Destiny", "Pink Blusher", dan "Open Your Eyes" di album studio pertama IZ*ONE yang berjudul "BLOOM*IZ".

Menurut pelaporan Dispatch, bagian So Jay di "Pink Blusher" ditetapkan 1,5 kali lebih besar dari yang lain yang dikreditkan untuk lagu tersebut. Dispatch melaporkan bahwa identitas di balik So Jay adalah istri dari CEO Pledis Entertainment Han Sung Soo. So Jay mendapat keuntungan tidak adil dari royalti karena Jay tidak benar-benar berpartisipasi dalam membuat lagu untuk album IZ*ONE.

"Identitas di balik So Jay adalah istri dari CEO Pledis Entertainment Han Sung Soo, dan pengalaman kerjanya adalah menjadi direktur visual. Dia tidak memiliki pengalaman dalam musik," bunyi laporan Dispatch.


"So Jay mendapat keuntungan tidak adil dari royalti. So Jay tidak benar-benar berpartisipasi dalam membuat lagu untuk album IZ*ONE dan tidak memiliki hak untuk mengklaim kepemilikan atas delapan lagu," lanjut laporan Dispatch.

Han Sung Soo adalah produser umum untuk IZ*ONE hingga ia mengundurkan diri dari posisi pada Maret 2020. Pledis Entertainment pun turut menanggapi laporan Dispatch tersebut.

"CEO Han Sung Soo lah yang berpartisipasi dalam lagu. Ia sendiri yang membuat keputusan untuk gunakan nama istrinya dan bukan namanya," bunyi pernyataan Pledis Entertainment.

Han Sung Soo juga akhirnya merilis pernyataan terkait hal tersebut. "Aku pribadi berpartisipasi dalam proses pembuatan musik. Meskipun demikian, aku masih berpikir untuk menerima royalti dengan nama istriku," ungkap Han Sung Soo.

"Yang aku inginkan hanyalah mendapat kompensasi untuk pekerjaanku. Aku ingin diakui untuk partisipasiku. Aku tidak memikirkannya. Aku serakah dan tidak menjunjung tinggi martabat yang seharusnya dimiliki seorang produser. Aku minta maaf," lanjut Hang Sung Soo

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait