Mahasiswa Universitas Cenderawasih Wisuda Online, Orangtua Bertugas Pindahkan Tali Toga Bikin Haru
SerbaSerbi

Universitas Cenderawasih melaksanakan wisuda secara online pada Kamis (28/5) lalu. Para mahasiswa dan orangtua menyaksikan wisuda online yang disiarkan di Youtube dari rumah masing-masing.

WowKeren - Pandemi virus COVID-19 telah banyak mengubah tatanan hidup manusia. Karena penyebaran melalui kontak fisik dan adanya kemungkinan penderita tak memiliki gejala, interaksi manusia kini menjadi terbatas. Perkumpulan massa pun dilarang, salah satunya pelaksanaan wisuda.

Salah satu jalan keluar bagi para mahasiswa yang harus menjalankan wisuda adalah melakukannya secara online. Seperti yang dilakukan Universitas Cenderawasih, Jayapura, pada Kamis (28/5) lalu. Wisuda daring lulusan program dokter, magister, sarjana, dan diploma tersebut dapat disaksikan melalui live streaming di YouTube.

Yang menarik, tugas memindahkan tali toga yang biasa dilakukan pihak Universitas kini diserahkan pada orangtua mahasiswa masing-masing. Seperti yang terlihat dalam foto unggahan akun Twitter @jayapuraupdate. Seorang pria terlihat memindahkan tali toga sang putri yang tengah diwisuda.

"Pertama kali dalam sejarah, Universitas Cenderawasih melaksankan wisuda scr online. Protokol senat tetap seperti biasa tetapi wisudawan menyimak dri rumah masing2.," tulis akun @jayapuraupdate melengkapi unggahannya. "Yang bikin haru itu adalah yg kasi pindah tali toga adalah orang tua masing2.. Sang mahaguru sesungguhnya."


Mahasiswa Universitas Cenderawasih Wisuda Online

Twitter

Beberapa foto juga menampilkan perbedaan cara merayakan wisuda di rumah masing-masing yang memperlihatkan antusias para mahasiswa dan orangtua mereka. "Ada yang mereka dekor rumah nya.. orang tuanya nya pun rapi.. menyimak proses protokol wisuda melalui televisi.. sambil menunggu nama disebut..dan sang mahaguru yang 'resmikan'.." lanjut akun @jayapuraupdate.

Momen perayaan wisuda daring mahasiswa Universitas Cenderawasih dibagikan lebih dari 14 ribu kali serta disukai 34 ribu pengguna Twitter hingga saat ini. Sebagian besar dari mereka menilai bahwa momen wisuda online sama sekali tak mengurangi kesakralannya serta sukses bikin terharu.

"Bayangin orang tua dg pendidikan yg mungkin ala kadarnya terus mewisuda anaknya. How proud they are," kata akun @fauzitone. "Terharu sekali :) Salut banget sama para orang tua yang udah bekerja keras demi anaknya bisa lanjut sekolah bahkan sampai wisuda begini. Selamat diwisuda yaa kakak kakak, i'm so proud of you," tulis akun @exptrymoes.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru