Suga BTS Pecahkan Rekor Untuk Artis Solo Korea Di Billboard 200 Lewat Mixtape 'D-2'
Musik

Senin (1/6) waktu setempat, akun Twitter Billboard Charts resmi mengungkapkan bahwa 'D-2' telah debut di posisi ke-11 di Billboard 200 selama seminggu (minggu yang berakhir 6 Juni).

WowKeren - Suga beberapa waktu lalu kembali menghibur penggemarnya melalui mixtape kedua bertajuk "D-2" di bawah nama panggung Agust D. Dalam mixtape tersebut, rapper Bangtan Boys (BTS) itu juga merilis MV untuk lagu utamanya yang bertajuk "Daechwita".

Mixtape yang dinanti-nanti ini tentu menuai sambutan hangat dari penggemar. Terbukti, mixtape solo Suga "D-2" dilaporkan telah mencatat rekor baru di chart musik internasional Amerika, Billboard 200.


Pada kemarin, Senin (1/6) waktu setempat, akun Twitter Billboard Charts resmi mengungkapkan bahwa "D-2" telah debut di posisi ke-11 di Billboard 200 selama seminggu (minggu yang berakhir 6 Juni). Dengan pencapaian ini, Suga memecahkan rekor peringkat tertinggi di Billboard 200 oleh artis solo Korea.

Rekor sebelumnya dipegang oleh "mono" milik sesama anggota BTS, Rap Monster (RM). Mixtape milik RM tersebut debut di posisi ke-26 setelah dirilis pada Oktober 2018. Sebelum RM, mixtape J-Hope "Hope World" yang dirilis pada 2018 juga memiliki rekor debut di posisi ke-63 dan naik ke posisi ke-38.

Billboard 200 dihitung berdasarkan penjualan album fisik, streaming album yang setara (nomor streaming yang dikonversi menjadi angka penjualan album), dan lacak album yang setara (nomor unduhan trek yang dikonversi menjadi angka penjualan album).

"D-2" Suga juga mencetak rekor di Tangga Album Resmi Inggris Raya, memulai debutnya di posisi ke-7. Lagu utama "Daechwita" juga diperingkat di Tangga Lagu Tunggal Resmi di posisi ke-68.

"D-2" sendiri diketahui memiliki total 10 lagu dari berbagai genre termasuk "Daechwita". Sembilan lagu lainnya yakni "Moonlight", "What Do You Think", "Strange" (ft. RM), "28" (ft. NiiHWA), "Burn It" (ft. MAX), "People", "Honsool", "Interlude: Set Me Free" dan "Dear My Friend".

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts