Pemohon Meluber, Polisi Minta Warga Tak Buru-Buru Urus Perpanjangan SIM di Tengah Pandemi
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Rombongan pemohon perpanjangan SIM memenuhi kantor pelayanan di wilayah Jakarta Timur. Ditlantas Polda Metro Jaya pun mengimbau agar masyarakat tak perlu terburu-terburu lantaran akan diberi dispensasi hingga 29 Juni mendatang.

WowKeren - Petugas pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Jakarta Timur membatasi jumlah pemohon maksimal 200 orang, Selasa (2/6). Layanan itu sendiri ditutup tepat pukul 10.00 WIB pagi tadi.

Meski begitu, pemohon terus berdatangan ke kantor pelayanan SIM di Jalan Di Panjaitan, Cipinang Besar Selatan itu. Petugas pun akhirnya memasang portal yang berjarak sekitar lima meter dari gedung pelayanan untuk membatasi pemohon baru dan pemohon yang sudah menerima nomor antrean.


Karena membludaknya pemohon ini, Ditlantas Polda Metro Jaya pun mengimbau agar masyarakat tidak terburu-buru mendatangi kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) untuk memperpanjang SIM, STNK, dan BPKB. Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin mengatakan, kepolisian memberikan dispensasi terhadap warga yang masa berlaku SIM, STNK, dan BPKB nya habis. Masa dispensasi tersebut bahkan berlaku hingga 29 Juni.

“Sebenarnya masyarakat tidak perlu buru-buru untuk memperpanjang SIM karena masa dispensasi diperpanjang sampai 29 Juni,” kata Hedwin, Selasa (2/6). Hedwin menuturkan, masyarakat yang datang secara membeludak dikhawatirkan dapat melanggar protokol kesehatan.

Hal ini justru berpotensi untuk memperluas penyebaran virus corona. “Sistem antrian sudah diatur oleh petugas. Karena kita harus menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Protokol yang dimaksudkan adalah para pemohon tetap melakukan penerapan jaga jarak sekitar 1-2 meter, lalu memasuki bilik disinfektan dan dicek suhu tubuh serta mencuci tangan menjelang pintu masuk.

Sebelumnya, Kompol Lalu Hedwin mengatakan, pelayanan Satpas pun akan mengikuti skenario new normal. Dimana waktu pelayanan Satpas akan dibatasi setiap harinya.

“Ada pembatasan operasional,” kata Hedwin, kemarin (1/6). “Senin sampai Jumat buka dan tutup pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB. Sabtu pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts