Pemkab Bogor Tutup Bukit Alas Bandawasa Usai Ramai Jadi Tempat Piknik Warga Saat Pandemi Corona
Nasional

Bukit Alas Bandawasa terpaksa ditutup oleh Pemkab Bogor lantaran tempat wisata tersebut jadi viral usai beredar foto banyaknya warga yang malah asyik piknik di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

WowKeren - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyatakan bahwa tempat wisata Bukit Alas Bandawasa di Kecamatan Cigombong, tidak mengantongi izin. Karenanya, tempat tersebut terpaksa ditutup. Objek wisata itu belakangan viral karena dipadati wisatawan di saat masa pandemi COVID-19.

"Tempat tersebut baru dan tidak berizin," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah melansir Tempo.co, Selasa (2/6).

Pemandangan kerumunan warga ini sempat mengundang amarah masyarakat yang telah berusaha menahan untuk tetap berdiam di rumah selama pandemi. Aksi segerombolan orang yang malah asyik camping di tengah pandemi COVID-19 ini ramai mendapat komentar negatif dari netizen.

Syarifah yang juga Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor menegaskan bahwa lokasi wisata alam tersebut sudah ditutup pada Minggu, (31/5). Penutupan dilakukan setelah beredar foto yang viral di media sosial tentang puluhan tenda di bukit tersebut pada masa PSBB.

"Hari ini ada pemantauan ulang di lokasi wisata Bukit Alas Bandawasa bersama unsur Polsek, Koramil, dan petugas kecamatan. Lokasi sudah kosong dan tidak ada pengunjung," katanya.


Hingga hari ini, Pemerintah Kabupaten Bogor belum menerapkan New Normal dan memilih untuk mengikuti kebijakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memperpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 4 Juni 2020. Karenanya, ia merasa jika wilayah Jawa Barat masih sangat rentan dalam penyebaran virus Corona.

Plt Camat Cigombong, Asep Achdiat mengatakan, pengunjung yang melakukan kemah di lokasi tersebut langsung dibubarkan. Ia juga menutup lokasi wisata tersebut.

Menurut Asep, tempat tersebut baru boleh dibuka ketika Pemerintah Kabupaten Bogor tidak lagi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain membubarkan kerumunan, pihaknya juga memberikan edukasi terkait dengan aturan PSBB yang masih berlaku di Bogor.

"Pintu masuk ke lokasi sementara diportal. Pihak pengelola sudah diingatkan dan jika nanti masuk waktu pelonggaran dengan istilah new normal harus siap melaksanakan protokol kesehatan," kata Asep achdiat.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru