Suga BTS Debut di Chart Billboard Hot 100 Dengan 'Daechwita'
Musik

Chart Hot 100 sendiri merupakan chart yang memeringkat lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat di semua genre. Ini adalah pertama kalinya Suga menempati chart tersebut sebagai solois.

WowKeren - Suga beberapa waktu lalu kembali menghibur penggemarnya melalui mixtape kedua bertajuk "D-2" di bawah nama panggung Agust D. Dalam mixtape tersebut, rapper Bangtan Boys (BTS) itu juga merilis MV untuk lagu utamanya yang bertajuk "Daechwita".

Mixtape yang dinanti-nanti ini tentu menuai sambutan hangat dari penggemar. Terbukti, "Daechwita" sukses mendapatkan prestasi di chart musik Internasional Amerika, Billboard. "D-2" dirilis di bawah nama rapper Suga yakni Agust D. Mixtape itu dirilis pada 22 Mei lalu.

Ketika tangga lagu Billboard diperbarui pada 3 Juni, terungkap bahwa "Daechwita" telah meraih posisi No. 76 di Hot 100. Chart Hot 100 sendiri merupakan chart yang memeringkat lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat di semua genre.

Ini adalah pertama kalinya Suga menempati chart tersebut sebagai solois. Selain itu, Suga kini menjadi artis solo Korea peringkat kedua tertinggi di Hot 100, setelah PSY yang memuncak di posisi ke-2 dengan "Gangnam Style."


Sebelumnya diumumkan bahwa "D-2" juga telah memasuki Billboard 200 di posisi ke-11 minggu ini. Dengan pencapaian ini, Suga memecahkan rekor peringkat tertinggi di Billboard 200 oleh artis solo Korea.

Rekor sebelumnya dipegang oleh "Mono" milik sesama anggota BTS, Rap Monster (RM). Mixtape milik RM tersebut debut di posisi ke-26 setelah dirilis pada Oktober 2018. Sebelum RM, mixtape J-Hope "Hope World" yang dirilis pada 2018 juga memiliki rekor debut di posisi ke-63 dan naik ke posisi ke-38.

Billboard 200 dihitung berdasarkan penjualan album fisik, streaming album yang setara (nomor streaming yang dikonversi menjadi angka penjualan album), dan lacak album yang setara (nomor unduhan trek yang dikonversi menjadi angka penjualan album).

"D-2" sendiri diketahui memiliki total 10 lagu dari berbagai genre termasuk "Daechwita". Sembilan lagu lainnya yakni "Moonlight", "What Do You Think", "Strange" (ft. RM), "28" (ft. NiiHWA), "Burn It" (ft. MAX), "People", "Honsool", "Interlude: Set Me Free" dan "Dear My Friend".

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait