Menag Akui Pembatalan Haji 2020 Bukan Ide Jokowi, Lantas Siapa?
Nasional
Pro-Kontra Pembatalan Haji 2020

Menteri Agama (Menag) menegaskan jika pembatalan pemberangkatan Haji tahun 2020 bagi masyarakat Indonesia bukanlah perintah dari Presiden Jokowi. Lantas siapa?

WowKeren - Keputusan Pemerintah Indonesia untuk tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 akibat pandemi corona masih menjadi sorotan. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pun langsung pasang badang dengan menegaskan jika keputusan pembatalan pemberangkatan haji 2020 bukanlah perintah Presiden Joko Widodo.

Fachrul menyatakan jika keputusan tersebut merupakan hasil pertimbangan dari dirinya bersama Kementerian Agama (Kemenag). Oleh sebab itu, ia menegaskan jika Jokowi sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan keputusan untuk tidak memberangkatkan haji di tahun ini.

”Itu bukan perintah Bapak Presiden, tapi pertimbangan kami,” kata Fachrul dalam diskusi yang digelar secara virtual, Selasa (9/6). “Kalau ada yang salah tentu saja itu tanggung jawab Menteri Agama karena itu menjadi tupoksi (tugas, pokok, fungsi)-nya Menteri Agama.”

Fachrul bahkan membeberkan jika Jokowi sempat meminta agar Kemenag memundurkan deadline pengumuman batal tidaknya pemberangkatan haji tahun ini. Pada awalnya, Kemenag siap mengumumkan keputusan ini pada 20 Mei 2020 lalu.


Namun setelah Jokowi meminta agar mundur, keputusan ini akhirnya diumumkan pada 1 Juni 2020 lalu. Fachrul menjelaskan jika Jokowi meminta mundur lantaran ingin mencermati terlebih dahulu persiapan haji di Arab Saudi.

Menurut Fachrul, hal tersebut menunjukkan kegigihan Jokowi yang berusaha agar ibadah haji tidak sampai batal di tahun 2020. “Ini menunjukkan beliau betul-betul ingin sekali supaya haji ini tidak sampai batal tapi,” ujar Fachrul.

Lebih lanjut Fachrul menjelaskan sebelum memutuskan untuk membatalkan ibadah haji 2020, ia telah berkomunikasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dalam diskusi ini, Kemenag bertanya terkait kemungkinan dilakukan pembatalan tersebut.

Hasilnya, Kemenkumham menyatakan jika keputusan itu sepenuhnya ada di tangan Menteri Agama. Hal ini membuat Fachrul yakin dalam membatalkan ibadah haji di tahun ini demi keamanan masyarakat. Terlebih, ia juga sudah berdiskusi dengan pihak-pihak terkait seperti ormas keagamaan dalam mengambil keputusan ini.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts