Sempat Disebut 'Curi' Royalti Lagu IZ*ONE, CEO Pledis Entertainment Akhirnya Pilih 'Menyerah'
Musik

Bulan lalu, Han Sung Soo disebut mendapat keuntungan tidak adil dari royalti untuk musik IZ*ONE dengan mendaftarkan hak ciptanya di bawah nama istrinya.

WowKeren - Han Sung Soo yang merupakan CEO Pledis Entertainment beberapa waktu lalu dilaporkan mendapat untung secara tidak adil dari royalti musik IZ*ONE. Bulan lalu, Han Sung Soo disebut mendapat keuntungan tidak adil dari royalti untuk musik IZ*ONE dengan mendaftarkan hak ciptanya di bawah nama istrinya.

Dispatch merilis laporan eksklusif yang menyatakan bahwa CEO tersebut mengklaim telah terlibat dalam penulisan lirik untuk delapan lagu IZ*ONE di bawah nama "So Jay". Identitas di balik So Jay sendiri adalah istri dari Han Sung Soo yang mana So Jay mendapat keuntungan tidak adil dari royalti karena ia tidak benar-benar berpartisipasi dalam membuat lagu untuk album IZ*ONE.

Han Sung Soo telah menyatakan bahwa meskipun ia telah berpartisipasi dalam proses pembuatan musik dan ingin diberi kompensasi untuk itu, ia tidak berpikir untuk menerima royalti dengan nama istrinya. Pada kemarin, Senin (15/6), Dispatch merilis laporan lain terkait perkembangan kasus tersebut.


Dispatch menyatakan bahwa mereka telah memeriksa dengan Korea Music Copyright Association (KOMCA) untuk mengetahui bahwa hanya satu dari delapan lagu sebelumnya yang terdaftar dengan nama So Jay. So Jay kini tidak lagi terdaftar sebagai penulis lirik untuk lagu apa pun dan hanya memiliki hak untuk lagu IZ*ONE yang berjudul "We Together" sebagai komposer.

Menurut Dispatch, Han Sung Soo juga akan mengembalikan royalti yang diperolehnya secara tidak adil dengan nama istrinya. Sebuah sumber dari Pledis Entertainment mengonfirmasi bahwa laporan itu memang benar. Mereka berkata kepada Sports Kyunghyang bahwa Han Sung Soo kini telah menyerah dan akan mengembalikan keuntungan royaltinya.

"Laporan yang menyatakan bahwa CEO Han Sung Soo menyerahkan haknya untuk lagu-lagu IZ*ONE dan akan mengembalikan royalti yang diambilnya secara tidak adil atas nama istrinya adalah benar. Laporan tersebut menyatakan bahwa itu adalah tujuh lagu (yang dia berikan hak ciptanya), tetapi haknya untuk lagu yang tersisa 'We Together' juga akan diserahkan. Dia sekarang tidak memiliki bagian dari lagu IZ*ONE," ungkap perwakilan agensi.

Han Sung Soo sendiri sebelumnya adalah produser umum untuk IZ*ONE hingga ia mengundurkan diri dari posisi pada Maret 2020. Mundurnya Han Sung Soo dari posisinya sebagai produser IZ*ONE ini lantaran ia ingin fokus pada agensinya, Pledis Entertainment.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts