Waspada! Toilet Hingga Kotoran Manusia Disebut Jadi Agen Penyebaran Virus Corona
Health

Studi mengungkap virus Corona bisa menyebar saat berada di toilet. Hal tersebut terjadi saat menyiram feses yang kemungkinan besar membawa virus COVID-19.

WowKeren - Wabah virus Corona (COVID-19) masih mengancam kelangsungan hidup manusia. Namun sebuah studi mengungkap fakta mengejutkan bahwa virus Corona terdapat dalam feses manusia. Masih berkaitan dengan hal tersebut, studi lain menyarankan masyarakat agar selalu waspada saat berada di toilet.

Dilansir dari DetikHealth, sebuah studi menyebutkan virus Corona dapat menyebar saat seseorang menyiram feses. Momen saat menyiram feses usai buang air besar tersebut dapat mengirim partikel-partikel kecil mengandung feses yang mungkin saja membawa virus Corona.

Dokter pun telah menunjukkan bahwa virus Corona dapat hidup dan bereplikasi dalam sistem pencernaan. Hal tersebut merupakan bukti bahwa virus Corona dapat ditemukan dalam kotoran manusia.

Kini tim di Universitas Yangzhou Tiongkok telah menggunakan pemodelan kompuer untuk menunjukkan bagaimana air dari toilet dapat menyembur ke udara setinggi kurang dari 1 meter.


"Seseorang dapat memperkirakan bahwa kecepatannya akan semakin tinggi ketika toilet sering digunakan, seperti misalnya toilet keluarga yang digunakan bersama atau juga toilet umum," jelas Ji-Xiang Wang dari Yangzhou University, yang bekerja dalam penelitian tersebut.

Bukan hanya itu, studi lain juga menemukan penyebab muntah dan diare yang menyebar melalui toilet flushing atau ketika menyiram feses. Peneliti mengingatkan besar kemungkinan toilet menyebarkan virus Corona.

"Bukti kontaminasi SARS-CoV-2 atau COVID-19 ditunjukkan dari sampel permukaan dan udara di luar ruang isolasi dan data awal yang menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 dapat hidup di aerosol selama 3 jam, harus meningkatkan kekhawatiran tentang mode transmisi ini dan meminta penelitian tambahan segera," kata Carmen McDermott dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington dan rekannya menulis pada bulan April di Journal of Hospital Infection.

Atas dasar studi tersebut, para peneliti mengimbau masyarakat untuk waspada saat memakai toilet. Perlu dipastikan juga untuk permukaan toilet selalu bersih sebelum digunakan.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel