Dibuka Mulai Hari Ini, Ragunan Batasi Pengunjung Hanya Warga Ber-KTP DKI
Nasional

Selain membatasi jumlah, Ragunan juga membatasi kalangan pengunjung yang berasal dari anak-anak di bawah 9 tahun, ibu hamil, serta lansia di atas 60 tahun.

WowKeren - Pada hari ini, Sabtu (20/6) Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan kembali dibuka untuk pengunjung. Tentu saja, pembukaan fase pertama ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat yang hendak mengunjungi taman wisata ini, diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online satu hari sebelumnya.

Kepala Unit Operasional Taman Margasatwa Ragunan Widodo mengatakan jika pihaknya hanya membatasi jumlah maksimal pengunjung per harinya adalah seribu orang. Selain itu, wisata Ragunan untuk sementara ini hanya dibuka bagi warga yang ber-KTP Jakarta.

"Mulai tanggal 20 Juni, Ragunan kembali dibuka tetapi dibatasi untuk 1.000 orang per hari," kata Widodo, Sabtu (20/6). "Khusus hanya untuk warga ber-KTP DKI Jakarta, warga di luar DKI belum kita buka."

Selain membatasi jumlah, Ragunan juga membatasi kalangan pengunjung. Anak-anak yang berusia di bawah 9 tahun dilarang untuk memasuki kawasan wisata. Begitu juga dengan ibu hamil dan lansia di atas 60 tahun.


Sementara itu terkait protokol kesehatan yang ada, pengunjung harus memakai masker dan sanitasi mandiri. Pengunjung juga harus memiliki suhu tubuh yang tidak melebihi 37,5 derajat celcius. Dan yang paling penting, pengunjung harus tetap melakukan jaga jarak demi mencegah penularan COVID-19.

"Selama berkunjung, pengunjung tidak boleh bergerombol lebih dari lima orang pada satu titik," tutur Widodo. "Diimbau untuk menjaga jarak fisik, tetap menggunakan masker selama di dalam Ragunan."

Ragunan hanya beroperasi selama 5 jam semasa masa new normal mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Pengunjung dapat masuk melalui Pintu Utara di jalan Harsono RM dan pintu barat di jalan Kavling Polri Cilandak KKO.

Ragunan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Jakarta. Sebelum pandemi COVID-19, jumlah pengunjung berkisar antara 2.500 hingga 5.000 di hari biasa dan meningkat hingga 10 ribu di hari Sabtu. Lalu untuk Minggu jumlahnya bisa membludak hingga 40 ribu-50 ribu pengunjung.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait