RI Pecah Rekor 791 Kasus Sembuh Corona, Tanda Menuju Puncak Penyebaran Wabah?
Getty Images
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Indonesia mencatatkan kesembuhan atas 791 pasien Corona pada Kamis (25/6). Praktis data ini menjadi rekor tertinggi nasional, sehingga total akumulatif pasien sembuh mencapai 20.449 orang.

WowKeren - Pada Kamis (25/6) kemarin Indonesia mencatatkan 1.178 kasus positif baru. Namun jumlah kasus positif baru ini nyaris diimbangi oleh angka pasien sembuh yang mencapai 791 orang kemarin.

791 pasien sembuh ini jelas memecahkan rekor nasional sejak wabah Corona merebak. Dilansir dari infografis yang diunggah di Twitter resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, "menumbangkan" data pada Minggu (14/6) dengan 755 kasus sembuh.


RI Pecah Rekor 791 Kasus Sembuh Corona, Tanda Menuju Puncak Penyebaran Wabah?-1

Twitter/BNPB

Dengan demikian total ada 20.449 orang yang berhasil sembuh dari COVID-19. Untuk menentukan apakah seseorang sembuh dari COVID-19 pun Indonesia masih menggunakan metode lama, yakni mereka harus dinyatakan negatif virus Corona dengan tes swab PCR sebanyak 2 kali berturut-turut dalam rentang 24 jam.

Lantas seperti apakah penyebaran kasus sembuh ini di Indonesia? Kementerian Kesehatan sendiri mencatat Jawa Timur sebagai "penyumbang" pasien sembuh terbanyak pada Kamis kemarin, yakni mencapai 241 orang. Sementara DKI Jakarta menyusul di belakangnya dengan 112 orang dan Kalimantan Selatan dengan 87 orang.

Mengutip tabel laporan media yang dirilis Kemenkes, ada 3 provinsi yang mencatatkan perkembangan baik dari segi kesembuhan kemarin. Seperti Sumatera Selatan yang melaporkan 24 kasus positif baru, namun yang sembuh mencapai 76 orang. Ada pula Sumatera Barat yang melaporkan 2 kasus positif baru, dengan angka pasien sembuh mencapai 22 orang.

RI Pecah Rekor 791 Kasus Sembuh Corona, Tanda Menuju Puncak Penyebaran Wabah?-2

Twitter/BNPB

Hingga hari ini DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan kasus sembuh terbanyak di Indonesia. Namun pada saat bersamaan DKI Jakarta, bersama Jatim, masih menjadi wilayah dengan kasus positif harian terbanyak.

Mendapati kurva kesembuhan yang meningkat tajam pada Kamis kemarin, apakah ini pertanda Indonesia sudah mendekati puncak pandemi Corona? Belum ada pakar yang bisa menjelaskannya. Namun sebelumnya Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono menegaskan puncak wabah tampak apabila kurva penyebaran mengalami penurunan.

"Belum di puncak (pandemi)," ujar Pandu, Senin (15/6). "Kalau sudah menurun, kita tahu sudah lewat puncak."

Sedangkan saat ini kurva memang belum mengalami penurunan. Bila merujuk pada data BNPB, justru ada peningkatan jumlah kasus positif harian selama 5 hari berturut-turut sejak Minggu (21/6) kemarin, meski belum sampai memecahkan rekor 1.331 kasus pada Kamis (18/6) lalu.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts