Sistem Chart MelOn Resmi Berubah, Bakal Pengaruhi Peringkat Artis Saat Comeback?
Musik

Perubahan ini sebelumnya diumumkan pada bulan Mei, tetapi akan resmi diterapkan pada bulan Juli. Hal ini mungkin untuk memberi waktu penggemar untuk menyesuaikan diri.

WowKeren - MelOn adalah salah satu situs musik streaming terbaik yang sering digunakan fandom kapan pun idola mereka comeback mengingat popularitasnya di kalangan masyarakat. Meskipun banyak situs lain seperti Soribada, Genie, FLO dan Vibe tersedia, MelOn telah menjadi aplikasi pilihan selama bertahun-tahun. Namun, tampaknya hal ini mungkin berubah mengingat perubahan pada sistem.

Perubahan ini sebelumnya diumumkan pada bulan Mei, tetapi akan resmi diterapkan pada bulan Juli. Hal ini mungkin untuk memberi waktu penggemar untuk menyesuaikan. BLACKPINK (Black Pink) menjadi grup gadis terakhir yang memiliki peringkat nomor satu di MelOn sebelum perubahan sistem ini dengan "How You Like That".


Pada tanggal 6 Juli, MelOn menghapus sistem grafik real-time. Bagi mereka yang akrab dengan streaming massal, peringkat grafik diperbarui setiap jam, sebelum "beku" pada 1.00 KST dan kembali lagi keesokan paginya. Dengan sistem baru ini, grafik real-time telah diganti dengan chart baru yang disebut "24 Jam". Grafik bernama "24Hits" ini beroperasi 24 jam, menyegarkan hanya pada pukul 19.00 KST setiap hari.

Poin utama dari perubahan adalah bahwa grafik sekarang hanya akan memperhitungkan satu streaming per orang, per lagu, setiap 24 jam. Streaming lagu beberapa kali dalam sehari sekarang tidak akan memengaruhi entri lagu ke dalam bagan atau dihitung sebagai streaming. Ini bisa menjadi pukulan besar bagi fandom yang sangat bergantung pada streaming massal, karena sebelumnya perhitungan berdasarkan satu aliran per jam.

Mengingat persaingan yang kuat untuk mengambil peringkat di tangga lagu, MelOn juga telah menghapus sistem peringkat. Mereka memilih untuk tidak menunjukkan angka peringkat lagi. Sebelum perubahan, grafik selalu dikalahkan oleh fandom, membawa pendapat bahwa grafik tidak lagi merupakan refleksi akurat dari popularitas keseluruhan dengan publik. Sekarang, tidak ada penyanyi yang bisa mendapatkan peringkat "tempat pertama" di MelOn.

Meski begitu, banyak fandom menolak untuk memperbarui aplikasi mobile Melon Music mereka karena pembaruan itu berarti kehilangan kelebihan atas grafik real-time. Saat ini versi lama masih menyediakan akses ke fungsi grafik real-time. Perubahan itu mungkin tidak nyaman, tetapi banyak yang percaya bahwa itu akan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk menikmati dan memproduksi musik.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts