Vaksin Corona Dari Tiongkok Tiba di RI, Akan Diuji Klinis ke Ribuan Orang   di Bandung
Nasional

Dirut Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan bahwa subjek untuk uji klinis III vaksin COVID-19 Sinovac ini ada sekitar 1.620 orang. Uji klinis ini akan dilakukan di Bandung, Jawa Barat.

WowKeren - Kementerian Luar Negeri menyampaikan bahwa vaksin anti COVID-19 yang diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, telah sampai di Indonesia pada Minggu (19/7). Vaksin tersebut akan memasuki uji klinis tahap III, dimana vaksin akan diuji coba kepada orang dalam jumlah besar.

Uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac ini dilakukan di sejumlah negara yang menjalin kerja sama. Selain Indonesia, vaksin juga akan diuji klinis di Turki, Brasil, Bangladesh, hingga Chili.

Di Indonesia, PT Bio Farma akan menggandeng Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mempersiapkan tahap uji klinis fase III ini. Nantinya, Fakultas Kedokteran Unpad akan menjadi pihak yang melangsungkan tahapan uji klinis di Indonesia, sedangkan Bio Farma menjadi sponsor.

Dirut Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan bahwa Sinovac mengirimkan vaksin untuk uji klinis ke 1.620 orang di Indonesia. "Subjek untuk uji klinis III ada sekitar 1.620 orang," tutur Honesti dilansir Kumparan pada Senin (20/7). Nantinya, uji klinis ini akan dilakukan di Bandung, Jawa Barat.


Selain itu, Honesti juga menjelaskan bahwa pihaknya akan membutuhkan relawan dalam tahap uji klinis tahap III ini. "Metoda rekrutasi sudah disepakati dalam protokol etik yang disusun bersama," jelas Honesti.

Vaksin terhadap 1.620 orang relawan tersebut ditarget dilakukan pada Juli ini. Adapun lokasi vaksinasi direncanakan tersebar di enam lokasi.

Antara lain Rumah Sakit Pendidikan Unpad, kampus Unpad di Bandung, dan empat puskesmas di Kota Bandung. Setelah disuntikkan, vaksin ini disebut akan membangun kekebalan terhadap COVID-19 dalam 28 hari.

Menurut Ketua Tim Riset Uji Klinis, Kusnandi Rusmil, setiap relawan nantinya akan divaksin sebanyak dua kali secara bertahap. Adapun relawan dipilih secara ketat dengan sejumlah syarat kesehatan. Melansir Tempo, hasil uji klinis III vaksin tersebut baru akan diketahui sembilan bulan ke depan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait