29 Warga di Jakarta Barat Positif COVID-19, Tertular Dari Acara Tahlilan
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Tercatat 29 dari total 94 warga Kelurahan Wijaya Kusuma di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) pada Selasa (21/7) usai menghadiri acara tahlilan.

WowKeren - Kelurahan Wijaya Kusuma di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat menjadi salah satu kelurahan yang menyumbang kasus virus corona (COVID-19) harian terbanyak pada Selasa (21/7). Menjelaskan hal itu, Lurah Wijaya Kusuma Jakarta Barat, Novi, menyebut penambahan kasus di kelurahannya datang dari hasil swab tracing pada sebuah acara tahlilan.

"Terkait dengan kenaikan kasus di Kelurahan Wijaya Kusuma, itu kan berawal dari tracing karena sebuah acara, artinya ada satu warga yang meninggal," ujarnya, Rabu (22/7). "Nah banyak beberapa warga yang hadir untuk acara tahlilan."

Awal mula tracing di acara tahlilan itu karena ada salah satu anggota keluarga acara tahlilan yang jatuh pingsan. Kemudian dilarikan ke IGD. Namun karena memiliki keluhan sesak napas, akhirnya keluarga yang pingsan dilakukan swab test.

Dan ternyata hasilnya positif, hingga akhirnya keluarga yang dinyatakan positif tersebut dibawa ke RS Pelni. Satu anggota keluarga yang dinyatakan positif ini merupakan ibu rumah tangga.


"Nah kemudian di salah satu anggota keluarga jatuh pingsan, ada dibawa ke layanan IGD, karena ada keluhan sesak napas, maka tim medis melakukan swab untuk pengecekan," terangnya. "Ternyata diketahuilah hasilnya positif COVID."

Setelah keluarga tersebut dinyatakan positif, akhirnya 94 tamu yang hadir dalam tahlilan menjalani swab test. Hasilnya 29 positif corona dan dibawa ke RSD Wisma Atlet Kemayoran.

"Setelah kejadian itu, karena memang banyak yang hadir tahlilan, akhirnya dilakukan tracing test swab," katanya. "Ada 94 warga yang ikuti test swab hasilnya 29 yang positif."

Sementara itu, hingga Selasa (21/7), total jumlah kasus positif COVID-19 di Tanah Air kini telah mencapai 89.869 pasien. Dari jumlah tersebut provinsi DKI Jakarta menyumbang kasus positif harian tertinggi yaitu 433 pasien.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts