Amien Rais Sarankan Jokowi Resign, Singgung Bak Mafia Saat Kelola Uang Negara
Instagram/Getty Images
Nasional

Mantan Ketua MPR Amien Rais memberi kritik dan menyarankan Presiden Joko Widodo untuk segera resign. Ia juga menyinggung cara tata kelola uang negara yang mirip mafia.

WowKeren - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais memberikan kritikan kerasnya kepada Presiden Joko Widodo. Ia menyoroti bagaimana kepemimpinan Jokowi sebagai presiden selama enam tahun terakhir ini.

Amien menilai jika Jokowi sudah tidak memiliki kompetensi lagi sebagai Presiden Indonesia. Hal ini ia ungkapkan setelah menganggap Indonesia mengalami berbagai macam kemerosotan di sejumlah sektor selama kepemimpinan Jokowi. Oleh sebab itu, Amien menyarankan Jokowi untuk resign atau mundur dari jabatannya.

”Jadi saya tulis risalah itu menunjukkan bahwa enam tahun Pak Jokowi jadi Presiden itu semuanya memang merosot,” kata Amien di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Kamis (13/8). “Jadi tak terbantahkan.”

”Apalagi, Papua itu, menurut saya, sekarang itu sudah sangat eksklusif,” sambungnya. “Jadi, menurut saya, kalau memang Pak Jokowi enggak punya kompetensi, ya resign (mundur dari jabatan).”

Meski meminta Jokowi mundur, namun Amien tetap mempersilahkan Jokowi jika memang masih ingin melanjutkan jabatannya sebagai presiden. Walau begitu, Amien memberikan syarat agar Jokowi segera mengubah tata cara mengelola ekonomi di Indonesia.


Menurutnya, cara Jokowi mengelola keuangan negara seperti bagi-bagi kepada mafia. Pemerintah dinilai Amien tidak memiliki aturan pasti dalam mengelola keuangan sejauh ini.

”Tapi kalau mau maju lagi, terus, monggo. Cuma harus ada perubahan. Dia pegang Pasal 33 (UUD 1945),” kritik Amien. “Ini ekonomi pasar bukan, ekonomi kapitalis juga bukan, ini ekonomi enggak ada aturannya, dibagi-bagi oleh mafia itu.”

”Jadi negara ini negara mafia telah menguasai, apa yang enggak dikuasai mafia,” sambung Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.”Mafia beras, mafia daging, mafia cabai, mafia garam, mafia gula, mafia pupuk, mafia tepung, mafia hukum.”

Tak sampai disitu kritikan Amien, ia juga mendesak Jokowi berani melakukan reshuffle terhadap separuh kabinetnya saat ini demi kebaikan rakyat. Pasalnya, ia menilai banyak menteri Jokowi yang sudah tidak layak untuk dipertahankan lagi akibat kinerja buruk.

”Kira-kira separuh menterinya ini memang tidak pantas. Misalnya, ahli per-gojek-an jadi ahli pendidikan, kemudian orang yang hidupnya bak surgawi tiba-tiba harus memikirkan rakyat. Jadi enggak klop sama sekali,” ujar Amien. “Tolong kalau hanya begini terus, kita semakin terpuruk, kasihan nanti yang melanjutkan, betul-betul kasihan.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru