Libur HUT RI ke-75, Hampir 10 Ribu Turis Kunjungi Kepulauan Seribu
Nasional

Menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti, lonjakan pengunjung sudah terasa dari Jumat (14/8) pekan lalu.

WowKeren - Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang jatuh pada hari Senin (17/8) kemarin membuat warga mendapat hari libur yang cukup panjang. Banyak warga yang agaknya memanfaatkan hari libur tersebut untuk berwisata.

Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, mencatat ada 9.758 turis yang berlibur dalam masa HUT RI ke-75. Menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti, lonjakan pengunjung sudah terasa dari Jumat (14/8) pekan lalu.

"(Dihitung) dari Jumat saja, total 9.758 hingga Senin (17/8/2020)," terang Puji dilansir Kompas.com pada Selasa (18/8). "Paling banyak itu pada hari Minggu (16/8/2020) tercatat 4.124 orang pengunjung."

Puji juga menjelaskan bahwa rata-rata para turis atau wisatawan yang datang bermalam atau mengunjungi kawasan wisata di Pulau Untung Jawa. "Paling banyak ke Pulau Untung Jawa," ungkap Puji.

Para turis dapat menikmati suasana pantai yang masih alami dan hamparan laut yang luas di Pulau Untung Jawa. Kebanyakan turis yang datang ke Kepulauan Seribu pun merupakan wisatawan lokal.


Puji menjelaskan bahwa hanya ada 56 orang wisatawan mancanegara yang berlibur ke Kepulauan Seribu. Para wisatawan yang berlibur di sana pun disebut tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Di antaranya adalah menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak (physical distancing).

Di sisi lain, peringatan kemerdekaan RI pada tahun ini harus dilalui di tengah pandemi corona. Istana pun tetap menggelar upacara peringatan HUT RI ke-75 secara online.

Upacara online ini rupanya berhasil memecahkan rekor MURI sebagai upacara dengan jumlah peserta terbanyak secara online.

Penghargaan diserahkan Pendiri MURI, Jaya Suprana, secara simbolik oleh perwakilan MURI kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Terkait jumlah peserta terbanyak, rupanya upacara HUT RI ke-75 ini tak hanya memecahkan rekor di Indonesia namun juga dunia.

Pihak Istana diketahui telah menyediakan jumlah kuota dengan angka yang cukup unik, yakni 17.845 peserta. Jaya menilai bahwa Indonesia adalah negara pertama yang menggelar upacara kemerdekaan secara daring dengan diikuti oleh belasan ribu peserta.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait