RCTI Trending Akibat Gugat Soal Layanan Streaming, Kriss Hatta Beri Reaksi Tak Terduga
Instagram/krisshatta07
Selebriti

Pihak stasiun TV RCTI dan iNews mengajukan gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi, untuk meminta setiap siaran yang memakai internet untuk tunduk pada UU penyiaran.

WowKeren - Belum lama ini, publik menyoroti gugatan yang diajukan oleh stasiun televisi RCTI dan iNews, terkait uji materi UU Penyiaran ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kedua stasiun TV swasta tersebut meminta setiap siaran yang memakai internet untuk tunduk pada UU penyiaran.

Jika gugatan RCTI dan iNews tersebut dikabulkan oleh MK, maka masyarakat umum tak lagi bebas memanfaatkan fitur siaran langsung dalam platform media sosial. Bahkan RCTI dan iNews menyebutkan beberapa platform layanan streaming, seperti YouTube, Instagram Live, Facebook Live, hingga Netflix.

Pihak RCTI dan iNews menilai banyak siaran berbasis internet yang tidak tunduk pada UU penyiaran. Hal ini berdampak pada konten-konten di internet yang tidak disertai pengawasan, sehingga membuat pihak RCTI dan iNews khawatir.

"Konsekuensinya bisa saja penyelenggara penyiaran yang menggunakan internet tidak berasaskan Pancasila, tidak menjunjung tinggi pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, tidak menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-nilai agama serta jati diri bangsa," bunyi alasan judicial review RCTI-iNews dilansir detik pada Kamis (27/8). "Bahkan, yang tidak kalah berbahaya, bisa saja penyelenggara penyiaran yang menggunakan internet memuat konten siaran yang justru memecah belah bangsa dan mengadu-domba anak bangsa."


Photo-INFO

Twitter-Instagram

Gugatan RCTI dan iNews tersebut langsung menjadi bahan perbincangan netizen, hingga menjadi trending topi di Twitter. Meski banyak dari mereka menentang gugatan RCTI-iNews, Kriss Hatta justru memberi tanggapan berbeda. Rupanya presenter berusia 32 tahun ini mendukung langkah RCTI dan iNews untuk mengurangi konten settingan di platform digital.

"Aku dukung RCTI dan Inews akan gugatan nya ! Supaya ga banyak settingan2 di platform digital . BRAVO RCTI DAN INEWS !" komentar Kriss dengan akun @krisshatta07 di postingan akun Lambe Turah. Namun pendapat Kriss tersebut banyak ditentang oleh para netter.

"@krisshatta07 Emang di tv ga ada setingan2??" ujar akun @char****ndyy. "@char****ndyy Malah yg byk setingan itu di tv ups," timpal akun @widya******y_507. "@krisshatta07 Di tv ynk bnyk setingn," sahut akun @naya****ania.

"@krisshatta07 Gw gk stuju krna itu sma aja kyk membatasi kratifitas anak bangsa .... Klo artis2 RCTI pasti.a stuju..." komentar akun @dedy******ra03. "@dedy******ra03 Maklum klo kh setuju.. konten dy kan g pernah tranding," seru akun @nur****ira.

(wk/evaa)

You can share this post!

Related Posts