BTS Diperkirakan Naikkan Ekonomi Korea Hingga Triliunan Lewat Lagu 'Dynamite', Begini Detailnya
Musik

Senin (7/9), Pusat Penelitian Industri Budaya Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea membagikan analisis mereka tentang efek penjualan lagu BTS 'Dynamite'.

WowKeren - Baru-baru ini, lagu terbaru Bangtan Boys (BTS), "Dynamite", membuat sejarah dengan masuk ke tangga lagu Hot 100 Billboard di posisi pertama, yang merupakan peringkat tertinggi yang diraih oleh semua grup Korea. Tak sampai disitu, lagu tersebut juga diperkirakan telah menyebabkan dampak ekonomi pada skala 1,7 triliun won (sekitar Rp 21 triliun).

Pada kemarin, Senin (7/9), Pusat Penelitian Industri Budaya Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea membagikan bahwa analisis mereka tentang penjualan Big Hit Entertainment, pernyataan input-output Bank of Korea, bea cukai, statistik impor, dan perdagangan ekspor, dan volume penelusuran tren Google mengungkapkan bahwa penjualan langsung dari "Dynamite" telah mencapai 245,7 miliar won (sekitar Rp 3 triliun).

Peningkatan ekspor untuk barang dagangan terkait seperti kosmetik, makanan, dan pakaian diperkirakan sekitar 371,7 miliar won (sekitar Rp 4,6 triliun). Efek pendorong produksi yang dihasilkan diperkirakan 1,2 triliun won (sekitar Rp 14,8 triliun), efek dorongan nilai tambah diperkirakan 480,1 miliar won (sekitar Rp 5,9 triuliun), dan efek pemicu lapangan kerja diperkirakan 7,928 orang . Hasil tersebut tidak termasuk efek menarik turis asing karena penyebaran COVID-19.


"Dalam proses penghitungan skala penjualan langsung, kami mengeluarkan keuntungan dari tur konser setelah mempertimbangkan kenyataan bahwa konser langsung tidak mungkin, dan kami menerapkan keuntungan dari konser online. Jika kami memperhitungkan menarik turis asing dan konser langsung, dan jika kami juga mempertimbangkan efek sinergis dari tren naik pada citra dan merek bangsa, efek ekonominya akan lebih besar," ungkap salah satu sumber dari pusat penelitian.

Park Yang Woo, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, berkomentar, "Hasil yang dicapai BTS jauh melebihi angka ini. Mereka tidak hanya memberikan semacam pengobatan untuk orang-orang di seluruh dunia yang menderita COVID-19, tetapi mereka juga menjadi kebanggaan budaya Korea Selatan sekali lagi."

Dengan kekuatan BTS dan film "Parasite," Korea Selatan telah memasuki 10 besar Indeks Inovasi Global untuk pertama kalinya sejak 2007. Dalam Indeks Inovasi Global 2020 yang dirilis pada 2 September oleh badan khusus PBB, World Intellectual Property Organisasi (WIPO), Korea Selatan naik satu peringkat dari tahun lalu ke peringkat 10. Menyusul Singapura di peringkat 8, Korea Selatan menempati peringkat kedua tertinggi di antara negara-negara Asia.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait