BTS Disebut Tulis Sejarah Baru K-Pop Lewat Strategi Promosi 'Dynamite' Mereka
Musik

Kemenangan di chart Billboard Hot 100 menunjukkan bahwa BTS telah berhasil mengamankan popularitas banyak orang, lebih dari sekadar fandom. Analisis menunjukkan bahwa 'Dynamite' lebih efektif melalui strategi yang lebih tepat.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, grup idol K-Pop, Bangtan Boys (BTS) telah menjadi artis Korea pertama yang mencapai No. 1 di Billboard Hot 100 Chart lewat lagu "Dynamite". Yang lebih menakjubkan lagi adalah mereka mencapai No. 1 tepat di minggu pertama mereka di chart tersebut. Prestasi ini tentu telah mendapat perhatian di negara bagian juga.

Forbes menyatakan, "BTS telah melewati gerbang terakhir sebagai superstar pop global. Keberhasilan 'Dynamite' adalah perubahan paradigma dalam cara pendengar Barat memandang seniman non-Barat."

Chart Billboard Hot 100 didasarkan pada pemutaran streaming internet, penjualan lagu digital, penjualan album fisik, putaran radio, penayangan video musik YouTube, dan banyak lagi. Dibandingkan dengan chart Billboard 200, di mana pengaruh fandom penting, Hot 100 Chart menampilkan lagu-lagu hit yang lebih disukai secara universal.

Oleh karena itu, kemenangan Hot 100 menunjukkan bahwa BTS telah berhasil mengamankan popularitas banyak orang, lebih dari sekadar fandom. Analisis menunjukkan bahwa "Dynamite" lebih efektif melalui strategi lokalisasi yang lebih tepat.


Pertama, mereka merilis lagu dalam semua bahasa Inggris, memungkinkan mereka untuk menembus penghalang karena tidak dapat menerima putaran radio. "Gangnam Style" milik PSY yang rilis tahun 2012 tetap di No. 2 selama tujuh minggu karena dia tidak dapat menerima putaran radio. Namun, lagu baru BTS "Dynamite" berada di peringkat ke-20 di tangga lagu Pop Songs berdasarkan survei dari 160 stasiun radio.

Dalam hal produksi, mereka menyimpang dari tim produksi Big Hit yang biasanya dan bekerja dengan produser luar negeri. Dalam lagu ini, agensi dan BTS bekerja sama dengan produser musik terkenal David Stewart dan Jessica Agombar.

Dengan memilih suara bergenre disko yang lebih mudah didengar, juga lebih menarik minat masyarakat. Lagu ini juga memiliki pesan harapan yang berarti selama masa-masa sulit ini. Staf Billboard Jason Lipshutz berkomentar, "Lagu ini mencerminkan kegilaan disko yang saat ini mendominasi 40 stasiun radio teratas di AS. Tidak lama lagi semua orang akan ikut menyanyikan lagu ini."

Tanggal rilis lagu juga memainkan faktor penting. Alih-alih merilisnya pada waktu biasa pukul 6 sore KST, mereka mengubahnya menjadi pukul 1 siang KST, sehingga akan dirilis pada tengah malam EST. Mereka juga merilis versi akustik, EDM, tropis, dan poolside dari lagu tersebut bersama dengan penjualan kaset dan vinil, memberi orang banyak pilihan untuk dipilih.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi keajaiban satu pukulan berdasarkan strategi lokalisasi. BTS perlahan-lahan naik ke tangga lagu Billboard selama tiga tahun terakhir. Billboard menyatakan, "Hanya masalah waktu sebelum BTS mencapai No. 1. 'Dynamite' dan BTS telah membawa K-Pop dari fandom kultus Amerika ke budaya arus utama. Lagu ini akan menjadi salah satu dari banyak lagu No.1 untuk mereka." Bagaimana menurut kalian?

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru