PSBB Jakarta Disebut Mirip Lockdown Melbourne, Sama-Sama Tak Efektif
Getty Images
Nasional

Melbourne yang merupakan ibu kota bagian Victoria, menurut Ekonom Izzudin Farras memiliki tipikal yang mirip seperti Jakarta yang notabene ibu kota provinsi

WowKeren - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta yang kembali diberlakukan secara ketat masih menjadi pembicaraan. Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Izzudin Farras mengatakan PSBB Jakarta mirip seperti lockdown yang dilakukan di Melbourne, Australia.

Ia menilai kebijakan itu kurang efektif. Bukan tanpa alasan, aktivitas perekonomian di Victoria belum beroperasi penuh sementara kasus di sana terus meningkat hingga membuat pemerintah kembali memperketat pembatasan sosial.

"Ini kebijakan yang relatif gagal, karena PSBB atau lockdown tahap 2 sampai hari ini masih dilakukan di Melbourne Australia," ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (17/9).

Melbourne yang merupakan ibu kota bagian Victoria, menurutnya memiliki tipikal yang mirip seperti Jakarta yang notabene ibu kota provinsi. Keduanya memainkan peranan yang penting untuk menunjang perekonomian nasional. Sedangkan di lain sisi penduduknya juga padat.


Kronologis lockdown di sana juga tak jauh beda dengan penerapan PSBB Jakarta. Pada Maret lalu, pemerintah Australia mulai menerapkan lockdown ketika kasus COVID-19 mulai muncul. Sementara itu di Jakarta, PSBB juga dilakukan dengan menutup hampir sebagian besar kegiatan perkantoran kecuali beberapa sektor prioritas.

Lalu ketika kasus mulai melandai pada Mei hingga Juni, lockdown kembali dilonggarkan secara bertahap. Sama seperti Jakarta yang mulai memberlakukan PSBB transisi.

"Bulan Juli terjadi peningkatan kasus lagi secara signifikan di kota sehingga terjadi lockdown lokal," tegasnya. "Kalau di sini itu PSBM itu dilaksanakan dua minggu berturut-turut namun tidak terjadi penurunan kasus karena masyarakat tidak patuh."

Dalam lockdown tahap II, pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan. Sama seperti PSBB Jakarta saat ini, pada lockdown kedua Melbourne pun penurunan aktivitas perekonomian tak sebesar tahap pertama.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru