Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat Selama PSBB DKI Jakarta, Umat Diminta Sabar
Nasional

Selain itu, penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat di Ibu Kota juga membuat Masjid al-Azhar di Jakarta Selatan ditutup untuk umum.

WowKeren - Masjid Raya Istiqlal di Jakarta Pusat memastikan belum ada pelaksanaan salat Jumat untuk umum selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurut Wakil Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, pihaknya sudah meniadakan salat Jumat sejak PSBB pertama kali diterapkan.

Salat Jumat hanya diadakan untuk beberapa orang internal Masjid Istiqlal. "Untuk internal aja 20 (orang), enggak sampai 40. Kami belum buka sejak PSBB pertama," terang Abu dilansir CNN Indonesia pada Jumat (18/9).

Keputusan untuk meniadakan salat Jumat ini disebut Abu telah sesuai dengan permintaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mengingat lonjakan kasus virus corona (COVID-19) terjadi selama beberapa waktu belakangan.

Oleh sebab itu, Abu meminta agar masyarakat tetap bersabar dan menjalankan ibadah sendiri di rumah masing-masing. Abu menyebut pihaknya belum berani membuka Masjid Istiqlal untuk ibadah warga secara umum hingga ada yang bisa menjamin keamanan di masa pandemi corona.


"Kepada masyarakat mohon bersabar PSBB di DKI penyebaran di DKI masih tinggi. Kami menuruti apa yang disampaikan DKI," jelas Abu. "Kenapa masih belum buka untuk umum? Karena (kasus corona) masih tinggi banget. Harus ada yang menjamin."

Di sisi lain, penerapan kembali PSBB secara ketat di Ibu Kota juga membuat Masjid al-Azhar di Jakarta Selatan ditutup untuk umum. Menurut Kepala Kantor Masjid al-Azhar Iding, pagar depan masjid telah ditutup dan pengumuman penutupan untuk umum, termasuk bagi pelaksaan salat Jumat, juga telah diberikan.

Rencananya, Masjid Al-Azhar akan kembali ditutup selama dua pekan, minimal selama masa penerapan PSBB. "Selama PSBB di gerbang masjid udah dipasang 'Selama PSBB tidak melaksanakan salat Jumat'," ungkap Iding.

Di pekan pertama masa PSBB ini, masjid Balai Kota DKI juga meniadakan salat Jumat berjamaah. "Enggak ada (salat Jumat berjamaah)," kata Kepala Biro Umum Setda Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin.

Budi menyebut bahwa sesuai aturan dalam pemberlakuan PSBB, maka masjid di Balai Kota tidak menggelar salat Jumat berjamaah untuk sementara. "Karena memang kalau PSBB tidak ada salat Jumat," pungkas Budi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru