Kabar Baik! Jemaah Indonesia Bisa Umrah Mulai 1 November
Nasional
Pandemi Virus Corona

Kabar baik bagi umat Islam di Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) telah memastikan jika jemaah Tanah Air bisa kembali menuaikan ibadah umrah mulai bulan depan.

WowKeren - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan jika umat Islam bisa kembali menuaikan ibadah umrah di tengah pandemi virus corona. Kabar baik ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag, Nizar Ali.

Nizar menjelaskan jika calon jemaah umrah asal Tanah Air bisa kembali melaksanakan ibadah umrah mulai 1 November 2020. Hal ini menyusul keputusan dari Pemerintah Arab Saudi yang akan membuka kembali ibadah umrah bagi jamaah luar negeri mulai awal bulan depan.

”Kalau 1 November itu bisa,” kata Nizar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta seperti dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (1/10). “Kalau Indonesia kan ga termasuk dalam negara yang tak diperbolehkan (masuk ke Arab). Kan berarti boleh.”

Indonesia sendiri memang tidak termasuk dalam daftar negara yang dilarang masuk ke Arab Saudi selama pandemi COVID-10. Saat ini, hanya ada tiga negara yang tidak diizinkan masuk ke Arab.


Ketiga negara tersebut adalah India, Brazil dan Argentina. Kemenag menjelaskan jika ketiga negara tersebut tidak diizinkan masuk ke Arab Saudi karena memiliki kasus virus corona yang tinggi hingga penanganan COVID-19 yang tidak maksimal, sehingga berpotensi menyebarkan virus.

Sedangkan negara-negara lain masih diperbolehkan untuk mengirimkan calon jemaah ke Arab untuk umrah, termasuk Indonesia. “Indonesia masih diperbolehkan. Sehingga 1 November sudah bisa umrah,” terang Nizar.

Menyusul kebijakan Arab Saudi tersebut, Kemenag kini tengah menyusun aturan mengenai protokol kesehatan COVID-19 yang wajib dipatuhi oleh calon jemaah umrah Indonesia. Tujuan aturan tersebut untuk memberikan pelayanan dan perlindungan maksimal bagi jemaah umrah asal Indonesia yang ingin umrah agar tidak tertular virus corona.

Nazir membeberkan salah satu aturan ini berisi tentang kewajiban calon jemaah umrah untuk melakukan tes bebas COVID-19 sebelum berangkat umrah. “Protokol kesehatan harus dipastikan dia bebas Covid. Yakni dia harus bebas Covid dengan swab di bandara,” jelas Nazir.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts