BPS Catat 165 Ribu Turis Asing Kunjungi RI Selama Agustus 2020, Ternyata Bukan Untuk Wisata
Nasional

Angka tersebut turun sebesar 89,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mengingat kini ada pandemi corona (COVID-19) yang membatasi pergerakan masyarakat dunia.

WowKeren - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 165 ribu kunjungan turis asing ke Indonesia selama Agustus 2020. Angka ini turun sebesar 89,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mengingat kini ada pandemi corona yang membatasi pergerakan masyarakat dunia.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, kunjungan turis asing ke Tanah Air selama bulan Agustus 2020 tersebut bukan untuk wisata. Melainkan untuk keperluan bisnis karena tugas atau pekerjaan.

"Masih sangat terbatas 165.000, dengan catatan wisman bisnis karena tugas atau bekerja, alasan misi," ungkap Suhariyanto dalam konferensi pers pada Kamis (1/10). "Bukan wisman leisure."

Meski anjlok dibanding tahun lalu, realisasi kunjungan wisma pada Agustus 2020 naik 4,45 persen jika dibandingkan pada bulan Juli 2020. Suhariyanto pun menyatakan kenaikan itu masih terbilang datar.


"Bisa dilihat bahwa pergerakannya sangat flat," jelas Suhariyanto. "Mengindikasikan recovery wisman butuh waktu lama dan tergantung pada penanganan kesehatan di Indonesia maupun di negara lain."

Lebih lanjut, Suhariyanto merindi jumlah kunjungan wisman selama Agustus 2020 didominasi oleh wisman asal Timor Leste dengan proporsi 54,2 persen. Disusul oleh wisman Malaysia sebesar 35,3 persen dan Tiongkok sebesar 2,2 persen.

Kemudian juka dilihat dari jenis transportasinya, mayoritas wisman melakukan kunjungan ke Tanah Air dengan transportasi darat, yakni sebanyak 107,6 ribu orang atau 65 persen. Sedangkan untuk sektor laut tercatat 51,7 ribu orang atau sebesar 31 persen. Kemudian udara 5,6 ribu orang atau 4 persen.

"Dan kita lihat perubahan kunjungan wisatawan secara tahunan itu sangat dalam sekali," pungkas Suhariyanto. "Kembali kuncinya adalah pada penanganan kesehatan di seluruh negara tanpa adanya penanganan kesehatan yang baik tentunya akan banyak orang yang ragu untuk melakukan wisata."

Di sisi lain, BPS juga mencatat kenaikan jumlah penumpang moda transportasi dalam negeri pada bulan Agustus 2020 ini. Peningkatan penumpang pesawat, kereta api, hingga kapal laut terjadi seiring dengan adanya peningkatan aktivitas masyarakat usai kebijakan pembatasan wilayah di masa pandemi corona dilonggarkan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru