Tolak UU Cipta Kerja, Mahasiswa Siap Turun Ke Jalan 8 Oktober
Nasional

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar demonstrasi pada Kamis (8/10) mendatang, untuk menyuarakan penolakan terhadap UU Cipta Kerja.

WowKeren - DPR RI dan pemerintah resmi mengesahkan RUU Cipta Kerja Omnibus Law menjadi UU pada Senin (5/10). Keputusan ini jelas langsung menjadi pembahasan panas mengingat RUU-nya sendiri menuai banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Keputusan tersebut tentunya menuai pebolakan dari sejumlah pihak. Mulai dari jutaan buruh yang menggelar aksi mogok kerja nasional yang digelar 6-8 Oktober untuk menolak UU Cipta Kerja tersebut. Hingga masyarakat yang menggaungkan tagar penolakan hingga menjadi trending topic di Twitter.

Diketahui, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar demonstrasi pada Kamis (8/10). Mereka juga akan menyuarakan penolakan UU Cipta Kerja tersebut.

"Rencananya tanggal 8 untuk aksi nasional," ungkap Koordinator Media Aliansi BEM SI Rizky Ramadhany dilansir CNNIndonesia, Selasa (6/10). Meski begitu, Rizky mengaku belum menentukan lokasi demonstrasi nanti.


Ia hanya mengatakan bahwa aksi unjuk rasa bakal melibatkan mahasiswa dalam jumlah besar. "Untuk aksi nasional itu umumnya banyak datang berpartisipasi, apalagi dengan urgensi yang ada saat ini. Untuk BEM SI sendiri setiap aksi mengajak seluruh mahasiswa PTN dan PTS yang masuk ke dalam BEM," jelasnya.

Ia mengatakan mahasiswa bakal menyuarakan penolakan UU Cipta Kerja yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat. Slogan mosi tidak percaya juga akan disuarakan kepada pemerintah dan DPR.

"Secara keseluruhan (menuntut penolakan UU Cipta Kerja), dengan mosi tidak percaya dan ketidakberpihakan pemerintah terhadap rakyat Indonesia," lanjutnya.

Sebelumnya, Aliansi BEM SI menyerukan mosi tidak percaya kepada DPR dan Pemerintah pada Minggu (4/10). Mereka menilai Pemerintah dan DPR berpotensi hak hidup rakyat dan lingkungan karena mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja. Mahasiswa juga menilai pemerintah telah serta gagal menanggulangi pandemi virus corona (COVID-19) yang sudah sekian bulan mewabah di tanah air.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait