Asosiasi Pengusaha Bioskop Nilai Aturan Anies Soal Penonton Maksimal 25 Persen Merugikan
Nasional
Wacana Pembukaan Bioskop

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin lantas mengaku bahwa aturan pembatasan pengunjung tersebut sebenarnya merugikan pengusaha bioskop.

WowKeren - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikepalai oleh Gubernur Anies Baswedandiketahui telah mengizinkan operasi bioskop di masa PSBB Transisi. Namun dengan syarat pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas yang ada.

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin lantas mengaku bahwa aturan pembatasan pengunjung tersebut sebenarnya merugikan pengusaha bioskop. "Jangan sampai merugi kita, kalau 25 persen merugi kita, buktinya film second diputar di Jakarta mana mau," tutur Djonny pada Rabu (21/10).

Menurut Djonny, banyak industri film yang enggan menaruh filmnya di bioskop jika kapasitas penonton hanya 25 persen karena dinilai tidak akan mendapat keuntungan. Dengan demikian, bioskop tidak memiliki film untuk ditayangkan.

"Buktinya yang mereka enggak mau kasih film. Enggak mau diedarin di bioskop, kayak toko enggak ada barang barangnya," ungkap Djonny. "Kita kan identik dengan toko."


Terlepas dari hal tersebut, Djonny juga bersyukur pemerintah masih mengizinkan bioskop untuk kembali beroperasi di masa pandemi virus corona (COVID-19) ini. Namun juga masih berharap agar Pemprov DKI mau menaikkan batasan pengunjung bioskop menjadi 50 persen.

Lebih lanjut, Djonny mengungkapkan bahwa bioskop di bawah naungan CGV sudah kembali beroperasi di Ibu Kota mulai Rabu (21/10) hari ini. "Kalau CGV hari ini buka, ada beberapa lokasi dia buka salah satu mungkin di Plaza Semanggi, kemudian di kawasan Pluit, Tamini, Cibubur, Gajah Mada Plaza. Lima lokasi dia buka hari ini," jelas Djonny.

Ia pun memastikan bahwa bioskop yang kembali beroperasi akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari penonton yang diwajibkan menggunakan masker, tak boleh berkerumun, duduk dengan menjaga jarak, hinga maksimal jumlah penonton 25 persen.

Di sisi lain, Pemprov DKI telah menerbitkan surat keputusan (SK) untuk operasi sejumlah bioskop di Ibu Kota. "XXI, Cinepolis, dan CGV sudah keluar SK-nya. Minggu ini dibuka," ujar Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Parekraf) DKI Jakarta, Bambang Ismadi, dilansir detikcom pada Rabu (21/10).

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts