Pintu Umrah Internasional Dibuka 1 November, Indonesia Masih Tunggu Sinyal Saudi
Nasional

Pemerintah Arab Saudi bakal kembali membuka pintu untuk jemaah luar negeri pada 1 November mendatang. Pemerintah Indonesia masih menunggu sinyal dibukanya pelaksanaan ibadah umrah dari Arab Saudi.

WowKeren - Pemerintah Arab Saudi telah melakukan uji coba umrah pada 4 Oktober dan 18 Oktober lalu. Ibadah umrah tersebut hanya mengizinkan para jemaah lokal yang sudah berada di Arab Saudi.

Diketahui, Pemerintah Saudi bakal kembali membuka pintu untuk jemaah luar negeri pada 1 November mendatang. Meski begitu, masih belum diketahui warga negara mana saja yang diizinkan untuk masuk dan melaksanakan ibadah umrah.

Pemerintah Indonesia sendiri masih menunggu sinyal dibukanya pelaksanaan ibadah umrah dari Arab Saudi. "Belum ada info resmi dari Arab Saudi, nanti pihak Arab Saudi yang menentukan kuota," ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Kementerian Agama Arfi Hatim, Kamis (22/10).


Meski begitu, Indonesia telah menyiapkan protokol dalam pemberangkatan jemaah umrah. Hal itu disiapkan bersamaan dengan menunggu kepastian pemberangkatan. "Protokol pemberangkatan masih dalam pembahasan," imbuhnya.

Penyelenggara haji dan umrah tergabung dalam Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah (Amphuri) juga belum bisa memastikan terkait jumlah kuota umrah yang didapatkan RI. "Jadi sebagaimana disampaikan banyak media juga pernyataan Kementerian Haji Saudi Arabia tahap ketiga dibukanya umrah untuk internasional 1 November," paparnya. "Sampai saat ini kita belum mendapatkan persentase berapa tapi sebagai gambaran totalnya 20.000 saja per hari. Cuma Indonesia dapat berapa kami belum ada."

Seperti yang diketahui, Pemerintah Arab Saudi telah melakukan lockdown di wilayahnya sejak Februari lalu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang kian mengganas.

Namun, pada bulan Juli lalu, Arab Saudi menggelar ibadah haji terbatas yang dilakukan oleh 1.000 warga Saudi dan WN asing yang tinggal di Saudi. Kesuksesan tersebut lantas membuat pemerintah Saudi membuka kembali ibadah umrah pada bulan Oktober ini dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait