Jokowi Mania Minta Reshuffle Menteri, PKB: Relawan Gak Usah Ngatur!
Nasional

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menanggapi dengan ketus terkait desakan relawan-relawan Presiden Jokowi yang meminta agar dilakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

WowKeren - Jokowi Mania (JoMan) yang merupakan kelompok relawan Presiden Joko Widodo telah mendesak agar dilakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju. Mereka menilai kinerja sejumlah menteri, khususnya di tengah pandemi virus corona cukup mengecewakan.

Desakan reshuffle itu rupanya mendapatkan tanggapan ketus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua DPP PKB Daniel Johan meminta relawan untuk tidak mengatur Presiden Jokowi. Pasalnya, keputusan reshuffle berada di tangan Jokowi dan sang presiden hingga saat ini sama sekali tidak membicarakan masalah itu.

”Urusan reshuffle sepenuhnya diputuskan Presiden Jokowi,” ujar Daniel Johan seperti dilansir dari Detik, Jumat (23/10). “Relawan tidak usah ngatur-ngatur dan manuver.”

Daniel menilai jika desakan relawan-relawan itu justru terkesan mendikte Presiden Jokowi. Menurutnya, Jokowi sendiri yang tahu kinerja para menterinya selama ini.


Lebih lanjut Daniel memperingatkan jika desakan untuk melakukan reshuffle terhadap sejumlah menteri dapat memicu kegaduhan. Ia mengamini jika masyarakat berhak menyampaikan aspirasi maupun kritik kepada pemerintah. Namun ia mengingatkan agar jangan sampai kritik itu seperti memerintah.

”Nanti malah buat gaduh, karena Presiden yang paham sepenuhnya kinerja yang ada secara data,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR ini. “Sebagai masukan dan kritik tentu baik dalam konteks agar kinerja sesuai dengan harapan masyarakat.”

Sebelumnya, sejumlah kelompok relawan Jokowi ikut memberikan catatan terhadap satu tahun masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Salah satunya adalah kelompok relawan Jokowi Mania yang meminta agar dilakukan reshuffle kabinet agar pemerintah dapat bekerja lebih baik dan maksimal.

”Ada sejumlah menteri yang kudu dicopot pasca Omnibus Law,” tutur Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer. “Mempertahankan sejumlah menteri itu akan membuat citra Jokowi terpuruk.”

”Harus ada penyegaran agar pemerintahan ini berjalan sebagaimana mestinya,” sambungnya. “Menteri-menteri itu gagal mengeksekusi kebijakan prorakyat dan Nawacita Jokowi.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts