Satgas Sarankan Warga ‘Staycation’ Saat Libur Panjang, Bisa Tambah Seru Dengan Cara Ini
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan staycation saat libur panjang, begini keseruan yang bisa dilakukan.

WowKeren - Masyarakat Indonesia sebentar lagi akan menikmati momen libur panjang mulai 28 Oktober sampai 1 November. Namun, momen libur panjang kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi virus corona.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memberikan peringatan terkait potensi lonjakan kasus virus corona karena libur panjang. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Nasional Reisa Broto Asmoro.

Reisa kemudian menyarankan masyarakat untuk memilih staycation atau menetap di suatu tempat, bisa hotel atau rumah selama libur panjang. Hal itu dinilai dapat membantu menekan laju penyebaran virus corona.

Reisa menjelaskan jika staycation merupakan cara paling aman untuk berlibur selama pandemi virus corona. Pasalnya, masyarakat dapat mengendalikan tempat tinggal dan bahkan melibatkan seluruh anggota keluarga untuk berlibur bersama.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) juga telah memberikan protokol kesehatan keluarga untuk mencegah virus corona selama staycation. Salah satunya adalah sering membersihkan tempat untuk staycation dengan disinfektan dan memastikan peredaran udara mengalir dengan lancar.

”Staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja bisa jadi pilihan terbaik,” ujar Reisa dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19, Sabtu (24/10). “Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk.”


Menurut Reisa, staycation tidak akan kalah seru dibandingkan dengan berlibur di luar rumah. Apalagi, banyak hal yang bisa dilakukan saat melakukan staycation.

Salah satunya adalah melakukan tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya. Internet yang disediakan juga dapat dimanfaatkan untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga bahkan berolahraga bersama.

”Nah, untuk olahraga ini, kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik,” jelas Reisa. “Yoga misalnya, senam atau mempraktekkan tips stretching dan angkat beban.”

Warga yang ingin melakukan olahraga selama staycation juga diingatkan untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin membersihkan tangan. “Untuk tingkat intensitas ringan disarankan tetap memakai masker dan menjaga jarak aman,” saran Reisa.

Sementara itu, masyarakat yang tetap memtuskan untuk pergi ke luar kota selama pandemi virus corona diminta untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Khusunya saat bepergian dengan menggunakan transportasi umum seperti maskapai penerbangan ataupun kereta api.

”Bagi yang memakai transportasi umum, pastikan jadwalnya sudah dipilih dari jauh hari,” pesan Reisa. “Agar dapat menjauhi kerumunan atau bahkan antrian panjang. Dalam perjalanan wajib memakai masker, hindari makan atau minum, hindari mengobrol panjang di bus atau kereta.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts