Bioskop di Malang Mulai Buka Hari Ini, Tempat Duduk Diatur Ganjil Genap
Rawpixel/Teddy Rawpixel
Nasional

Selain mengatur tempat duduk seperti lapak ganjil genap, bioskop juga harus memiliki air purifier untuk membersihkan udara agar udara di dalamnya tetap bersih.

WowKeren - Wali Kota Malang Sutiaji memberikan sinyal hijau bagi para pengelola bioskop untuk kembali beroperasi di tengah pandemi. Ia bahkan sudah meninjau tempat hiburan yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk bioskop, insyaallah sudah sesuai protokol kesehatan. Hanya saja tadi," kata Sutiaji, Senin (26/10). "Ada beberapa catatan yang nantinya akan kami kirimkan resmi melalui surat untuk dipenuhi."

Bioskop rencananya akan siap dibuka hari ini, Selasa (27/10). Sebelumnya, ia sudah menyampaikan syarat dibukanya gedung bioskop melalui surat resmi. Untuk bisa kembali beroperasi, para pengelola bioskop harus menjalankan apa yang diinstruksikan oleh Pemkot Malang sebagai syarat utama.

Untuk bioskop, wajib menerapkan tempat duduk yang bergantian. Misalnya pada penerapan ganjil-genap lapak pedagang yang berjualan di pasar tradisional. Lalu untuk kapasitas, tidak boleh lebih dari 50 persen jumlah total.

"Tadi ada tambahan, tempat duduk perlu bergantian. Saran dari kita, kalau rolling enak," lanjut Sutiaji. "Ganjil-genap seperti di pasar. Untuk kapasitas sudah tentu 50 persen."


Selain mengatur tempat duduk seperti lapak ganjil genap, bioskop juga harus memiliki air purifier untuk membersihkan udara. Sehingga udara yang dihirup oleh pengunjung bioskop adalah udara yang bersih. Begitu juga dengan pemberian sinar ultraviolet.

"Akan kami rekomendasikan memang (dibuka)," lanjut Sutiaji menjelaskan. "Selain ganjil genap, tempat duduknya 50 persen dan harus dilakukan sterilisasi dengan memakai air purifier dan sinar ultraviolet."

Lebih jauh, ia juga mengapresiasi langkah pengelola yang tidak menjual makanan untuk dikonsumsi dalam gedung bioskop. Sebab langkah ini dinilai dapat mengurangi risiko penularan. Pasalnya, jika ada makanan maka akan ada kemungkinan pengunjung membuka masker mereka.

"Tadi juga sudah bagus tak menjual makanan, karena jika ada makanan pasti akan membuka masker di dalam bioskop," tuturnya. "Untuk transaksi bisa tanpa cash money, jika terpaksa harus pakai nampan."

Ia memastikan akan segera mengeluarkan surat rekomendasi. "Jadi besok sudah bisa tayang," tuturnya lagi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru