Ketua DPR Puan Maharani Baca Puisi : Apa Rakyat Sudah Merdeka?
Instagram/puanmaharaniri
Nasional

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani kembali menulis puisi dengan membahas 75 tahun Indonesia merdeka. Ia mempertanyakan harapan dan keinginan rakyat.

WowKeren - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani baru saja membacakan puisi yang berjudul “Hak-nya Rakyat Merdeka untuk Dilayani”. Puisi tersebut merupakan karya Tim Pusat Penelitian DPR yang dibacakan Puan dalam Festival Puisi secara daring pada Selasa (27/10).

Dalam puisi itu, Puan mempertanyakan pencapaian Indonesia setelah 75 tahun merdeka sejak Agustus 1945 silam. Ia juga turut bertanya kepada masyarakat apakah sudah memperoleh semua keinginannya selama 75 tahun Indonesia merdeka.

“Kini 75 tahun Indonesia sudah merdeka,” kata Puan saat membacakan puisi dalam festival yang diadakan Ombudsman, seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Selasa (27/10). “Apakah rakyat sudah mendapatkan keinginannya?”

Mantan Menko PMK ini menganggap jika kesejahteraan dan kehidupan masyarakat Indonesia jauh lebih baik pada masa perjuangan. Namun, sekarang ia mempertanyakan apakah negara dan pemerintah telah memberikan dan memenuhi keinginan rakyat sejak dulu.


”Kepatutan, keadilan, nondiskriminasi, tidak memihak, akuntabilitas, keseimbangan, keterbukaan, dan kerahasiaan,” ungkap Puan. “Sang pengawas berdiri mandiri untuk memastikan rakyat mendapatkan pelayanan.”

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI, Prof Amzulian Rifai menjelaskan tujuan pelaksanaan festival puisi bertajuk "Wajah Pelayanan Publik dalam Puisi" ini. Ia berharap acara tersebut dapat menjaga semangat dan meningkatkan peran masyarakat dalam melihat potret pelayanan publik dalam bentuk puisi.

”Boleh jadi apa yang dilakukan kami melalui festival puisi ini hanyalah secuil upaya menempa semangat bagi kita semua,” jelas Rifai. “Semangat yang sangat dibutuhkan bagi negeri kita.”

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dalam pemerintahan. Diantaranya adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa; Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD; dan Menteri Perhubungan, Budi Sumadi.

Lalu hadir pula Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati; Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus; dan Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando. Anggota Komisi Informasi Pusat, Romanus Ndau beserta sejumlah pimpinan dan anggota Ombudsman RI juga turut meramaikan festival ini.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts