Fadli Zon Sindir Tiongkok Usai Lawatan Menlu AS Dituding Bentuk Provokasi
Instagram/fadlizon
Nasional

Fadli Zon balas mengkritik Tiongkok setelah lawatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Mike Pompeo ke Indonesia dituding sebagai bentuk provokasi ke Negeri Tirai Bambu.

WowKeren - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian menilai kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Mike Pompeo ke Indonesia merupakan bentuk provokasi. Pernyataan tersebut mendapatkan tanggapan tajam dari Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon.

Fadli Zon menyebut Tiongkok bersikap kenanak-kanakan atas kunjungan Pompeo ke Indonesia. Ia menegaskan Indonesia merupakan negara besar yang tidak bisa seenaknya diatur-atur oleh negara lain dengan begitu saja.

”Mungkin Tiongkok merasa tersaingi. Sikap Tiongkok itu kekanak-kanakan. Indonesia bukan negara kecil yang bisa diatur-atur negara lain,” kata Fadli seperti dilansir dari Detik, Jumat (30/10). “Penyataan Dubes Tiongkok itu sangat berlebihan. Tiongkok tak boleh mendikte Indonesia dalam politik luar negeri.”

“Kita punya kedaulatan dalam berdiplomasi dengan semua negara sahabat. Hakekat politik luar negeri RI adalah kepentingan nasional,” sambungnya. “Maka segala diplomasi yang menguntungkan kepentingan nasional harus menjadi prioritas. Kita bukan negara satelit atau protektorat Tiongkok.”


Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menegaskan Indonesia bukan negara protektorat Tiongkok. Ia lantas memberikan saran kepada Pemerintah Indonesia untuk terus menyeimbangkan kekuatan geopolitik di kawasan.

”Karena itu saya sarankan agar pemerintah dapat menyeimbangkan kekuatan geopolitik di kawasan termasuk Indonesia,” saran Fadli. “Kita harus pintar-pintar seperti kata Mohammad Hatta dulu, 'Mendayung di antara dua karang'.”

Sebelumnya, Xiao Qian menuding lawanan Pompeo ke Indonesia merupakan bentuk serangan ke Tiongkok. Ia juga menuduh AS berusaha melakukan provokasi pada hubungan Indonesia dan Tiongkok dengan mengirimkan Menlu mereka untuk melakukan kunjungan kerja.

“Di tengah kunjungannya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo telah melakukan serangan yang tidak berdasar terhadap Tiongkok, telah memprovokasi hubungan Tiongkok-Indonesia,” ujar Xiao Qian dalam keterangan yang disampaikan di situs resmi Kedutaan Besar Tiongkok, Kamis (29/10). “Serta telah mengganggu perdamaian dan stabilitas kawasan. Tiongkok menentang keras hal ini.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru