Masih Pandemi COVID-19, Kaltim Dihadapkan Wabah Flu Burung Usai Ratusan Unggas Mati Mendadak
Unsplash/Muhammad Syafi Al - adam
Nasional

Hal ini diketahui usai ditemukan ratusan unggas milik warga yang mati mendadak. Mendapati hal itu, Pemerintah Kota Bontang segera melakukan uji pemeriksaan.

WowKeren - Di tengah persoalan menghadapi pandemi virus corona yang belum usai, masyarakat Kota Bontang, Kalimantan Timur dihadapkan pada wabah virus flu burung. Hal itu diketahui usai ditemukan ratusan unggas milik warga yang mati mendadak.

Peristiwa itu terjadi pada Oktober lalu. Mendapati hal itu, Pemerintah Kota Bontang segera melakukan uji pemeriksaan. Dari pengujian itu diketahui jika ratusan unggas tersebut mati karena virus flu burung.

"Sudah kami uji swab," kata Kepala Seksi Pelayanan Hewan Kota Bontang Riyono, Sabtu (14/11). "Dan hasilnya, dari tiga lokasi berbeda, unggas warga mati diakibatkan virus flu burung."

Jumlah kematian unggas terbanyak terjadi di Kelurahan Bontang Baru. Hal itu diketahui usai Pemkot melakukan pemeriksaan di tiga kelurahan.


"Unggas yang banyak mati terjadi di rumah milik Pak Yadi, di belakang Rumah Sakit Amalia, Kelurahan Bontang Baru," ujarnya melanjutkan. "Dari 150 unggasnya yang berjenis ayam bangkok, terdapat 90 ekor mati secara mendadak."

Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penularan yang lebih luas lagi, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Bontang telah melakukan sterilisasi dan penyemprotan di sejumlah kandang milik warga. rapid test pun dilakukan terhadap sejumlah unggas di sekitar lokasi penyebaran.

"Saat ini pihak kami telah menunggu hasil swab lanjutan yang telah dikirim pada Jumat kemarin," katanya. Ia pun mengimbau agar warga segera melapor jika menemui ada unggas yang mati mendadak.

Terkait wabah flu burung, Kementerian Pertanian Korea Selatan pada Selasa (10/11) juga mengonfirmasi virus H5N8 yang sangat patogen pada sampel burung liar. Kementan Korsel segera melakukan langkah pencegahan penyebaran flu burung serta mengeluarkan peringatan terkait hal ini.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait